Tahun Ini Pengembangan Pelabuhan Perikanan Pengambengan Digarap, Targetkan Serap 55.000 Tenaga Kerja

- 24 Januari 2023, 12:30 WIB
Tahun ini pengembangan pelabuhan perikanan Pengambengan digarap dengan targetkan 55.000 tenaga kerja.
Tahun ini pengembangan pelabuhan perikanan Pengambengan digarap dengan targetkan 55.000 tenaga kerja. /dok. Humas Jembrana

RINGTIMES BALI - Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono meninjau Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan akan dikembangkan menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Bali, Senin (23/1).

Ia mengungkapkan dukungan penuhnya atas pengembangan pelabuhan yang diprediksi meningkatkan jumlah tenaga kerja serta volume tangkapan ikan.

Pengembangan tersebut meliputi perluasan lahan yang sebelumnya 13,5 hektar menjadi 60 hektar dan luas kolam yang sebelumnya 30 hektar menjadi 72,5 hektar dengan jumlah kapal dapat ditampung hingga 1.500 unit.

Baca Juga: Semarak Perayaan Imlek Tahun 2023 di Kota Denpasar, Walikota Jaya Negara: Momentum Kolaborasi dan Toleransi

Rencana Pengembangan PPN yang terletak di desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana itu diestimasi mampu menyerap hingga 55.000 tenaga kerja.

Selain itu, produksi ikan yang awalnya hanya 12 ribu ton akan meningkat mencapai 80 ribu ton dengan nilai produksi yang awalnya Rp 78 Miliar menjadi Rp 3,2 Triliun.

PPN Pengambengan nantinya dikembangkan menjadi pelabuhan perikanan berstandar internasional dengan mengusung tema ramah lingkungan.

Baca Juga: Bule Rusia Tergulung Ombak Saat Selfie di Pantai Kelingking, Nusa Penida

Hal tersebut diungkapkan Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono didampingi Bupati Tamba usai meninjau PPN Pengambengan.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x