Gelar Purwa Carita Campuhan, Yayasan Puri Kauhan Ubud Angkat Cerita Rakyat Bali Melalui Media Baru

- 1 September 2022, 10:41 WIB
Yayasan Puri Kauhan Ubud menggelar kompetisi ide cerita film pendek ‘Purwa Carita Campuhan’ bersama Minikino dengan tema pemuliaan air.
Yayasan Puri Kauhan Ubud menggelar kompetisi ide cerita film pendek ‘Purwa Carita Campuhan’ bersama Minikino dengan tema pemuliaan air. /Dok. Yayasan Puri Kauhan Ubud

RINGTIMES BALI - Yayasan Puri Kauhan Ubud menggelar kompetisi ide cerita film pendek ‘Purwa Carita Campuhan’ bersama Minikino dengan tema pemuliaan air dan pelestarian alam serta lingkungan di Bali.

Kompetisi ide cerita film pendek ini akan berlangsung dari bulan September-Desember 2022.

Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud AAGN Ari Dwipayana menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif dari Yayasan Puri Kawan Ubud dalam mengangkat cerita rakyat Bali melalui media-media baru.

Baca Juga: K3S Denpasar Serahkan Bantuan Sosial kepada Lansia di Wilayah Setempat

“Karena bagaimanapun cerita rakyat itu akan bisa diterima oleh anak-anak kita atau bahkan generasi sekarang dengan cara media baru,” ujar Ari Dwipayana kepada Tim Ringtimes Bali pada Sabtu, 29 Agustus 2022.

Kendati demikian, pihaknya akan tetap menggunakan media-media tradisional seperti pertunjukan dan kakawin.

Sebelumnya Yayasan Puri Kauhan Ubud mengadakan kegiatan dengan tema ‘Sastra Saraswati Sewana’ pada tahun 2021.

Baca Juga: Desa Ubung Kaja Gelar Penanaman Bibit Padi Unggul di Subak Pakel II Guna Wujudkan Ketahanan Pangan

Fokus kegiatan tersebut yaitu pada penciptaan karya sastra Bali klasik dan modern. Beberapa diantaranya kekawin, geguritan, kidung, puisi Bali modern, cerpen Bali modern.

“Tahun ini fokus pada tema pemuliaan air. Tapi kita coba untuk pemuliaan air dengan membangun kesadaran melalui media-media baru, salah satunya adalah film pendek,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah