Kadis Pertanian dan Pangan Badung Ajak Petani Cabai Lakukan Gerdal Hama dengan Bahan Ramah Lingkungan

- 5 Agustus 2022, 17:31 WIB
 Kadis Pertanian dan Pangan bersama anggota Kelompok Tani Manik Pertiwi Desa Penarungan sedang melakukan Gerdal Hama cabai dengan bahan yang ramah lingkungan.
Kadis Pertanian dan Pangan bersama anggota Kelompok Tani Manik Pertiwi Desa Penarungan sedang melakukan Gerdal Hama cabai dengan bahan yang ramah lingkungan. /Dok. Humas Pemkab Badung

RINGTIMES BALI- Salah satu kendala petani dalam pengembangan budidaya cabai adalah mahalnya biaya produksi, dan sangat rentan dengan serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT), terutama pada saat musim pancaroba.

Serangan OPT dapat berdampak terhadap penurunan produksi dan gagal panen. Sehingga diperlukan pengendalian untuk mengatasai hal tersebut.

Dinas Pertanian dan Pangan, bekerjasama dengan UPTD BPTPHBUN Bali, melaksanakan kegiatan Gerakan Pengendalian (Gerdal) Hama yang ramah lingkungan.

Kegiatan Gerdal Hama bertempat di Kelompok Tani Manik Pertiwi Desa Penarungan Kecamatan Mengwi, pada Rabu 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Badung Adakan Sharing Session Terkait Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, usai mengikuti kegiatan Gerdal Hama mengungkapkan meningkatnya harga cabai, belakangan ini disebabkan adanya serangan hama antraxnose, yang menyerang tanaman cabai di berbagai daerah.

Serangan hama di sentra produksi cabai, yang dipicu cuaca ekstrim yang mengakibatkan turunnya produksi dan pasokan cabai.

Untuk itu pihaknya menjalin kerjasama dengan UPTD BPTPHBUN Bali, mengajak petani cabai untuk dapat menanggulangi serangan hama, dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

"Kami mengajak petani untuk mengenal bahan ramah lingkungan, dan untuk mengurangi ketergantungan petani pada bahan-bahan kimia, yang berdampak pada lingkungan," ucap Wijana.

Baca Juga: BPBD Karangasem Serahkan Bantuan Langsung Kepada Korban Kebakaran di Kecamatan Abang

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Humas Pemkab Badung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x