120 Kain Gringsing Khas Desa Tenganan, Karangasem Pesanan Sandiaga Uno Sudah Selesesai Dikerjakan

- 1 Agustus 2022, 07:31 WIB
Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memesan 120 kain Gringsing khas Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem.
Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memesan 120 kain Gringsing khas Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem. /Kemenparekraf.go.id

RINGTIMES BALI – Sejumlah 120 kain Gringsing khas Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem yang dipesan oleh Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah selesai dikerjakan.

Rencanannya kain Gringsing tersebut akan dijadikan souvenir untuk para delegasi yang akan hadir pada Koferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Putu Suarjana selaku Bendesa Adat Desa Tenganan mengatakan bahwa proses pembuatan kain Gringsing sudah selesai dikerjakan oleh penenun Desa Tenganan dan siap dikirim ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Bupati Badung Hadiri HUT ke-17 ST Yowana Lila Cita di Banjar Bhuana Gubug Jimbaran

"Setelah Menteri Sandiaga Uno memesan 120 kain, penenun mulai mengumpulkan hasil tenunannya untuk diseleksi oleh Panitia. Saat ini, semuanya sudah dipacking," kata Suarjana, dikutip dari Antara Bali, Senin, 1 Agustus 2022.

Dia juga mengatakan bahwa kain Gringsing yang selesai dibuat sudah melewati seleksi ketat untuk kualitas dan syarat yang diminta oleh forum Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Tenun Gringsing Bali dengan lebar 20 cm dan panjang 180 cm.

"Proses pengerjaan tenun ikat sendiri melibatkan 125 pengrajin Tenganan. Tetapi, dari 125 itu tentu mereka tidak berproses secara sempurna,” kata Suarjana.

Baca Juga: Gema Muharram 1444 Hijriah, Sekda Adi Arnawa Lepas Peserta Jalan Santai

“Kan namanya perajin setiap orang dengan kreativitasnya. Yang tidak penuhi kriteria, kita beri kesempatan untuk perbaiki. Kita jamin kualitasnya bagus untuk diberikan kepada delegasi G20," sambungnya.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x