9 Pengabdi Seni Terima Penghargaan Adi Sewaka Nugraha oleh Pemprov Bali saat Penutupan PKB 2022

- 11 Juli 2022, 12:51 WIB
Sembilan pengabdi seni terima penghargaan Adi Sewaka Nugraha oleh Pemprov Bali saat penutupan PKB ke-44 tahun 2022.
Sembilan pengabdi seni terima penghargaan Adi Sewaka Nugraha oleh Pemprov Bali saat penutupan PKB ke-44 tahun 2022. /Antara

RINGTIMES BALI – Sembilan seniman (pengabdi seni) menerima penghargaan Adi Sewaka Nugraha dari Pemprov Bali saat penutupan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali, pada Minggu malam, 10 Juli 2022.

I Gede Arya Sugiartha selaku Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali menyampaikan mekanisme proses pemberian penghargaan Adi Sewaka Nugraha didasarkan usulan dari perangkat daerah yang menangani urusan kebudayaan di masing-masing kabupaten/kota.

Ia mengatakan penghargaan Adi Sewaka Nugraha merupakan wujud perhatian, pengakuan, serta apresiasi dari Pemprov Bali melalui Dinas Kebudayaan, atas prestasi dan pencapaian seniman dan/atau pelaku seni dalam penguatan serta pemajuan seni tradisi, klasik, dan/atau seni rakyat.

Baca Juga: Pesta Kesenian Bali ke-44 Tahun 2022 Capai 1,5 Juta Pengunjung  

Tidak hanya diusulkan oleh kabupaten/kota, penerima penghargaan itu juga diusulkan oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Bidang Kebudayaan dan Lembaga non-Pemerintah Bidang Kebudayaan.

Adapun sejumlah kriteria umum dan khusus yang sudah ditetapkan sebagai aspek verifikasi/penilaian seperti dilihat dari pengabdian, keahlian, bidang seni tradisi, klasik, dan/atau seni rakyat untuk kepentingan masyarakat.

“Selanjutnya, dari sisi kepeloporan dan kontribusi, kreativitas, dan inovasi kekaryaan bidang seni tradisi, klasik, dan/atau seni rakyat,” ucap Arya Sugiartha dikutip dari Antara.

Baca Juga: Satgas Penanganan PMK Provinsi Bali Berikan Bantuan Logistik ke Kabupaten dan Kota di Pulau Dewata

Selanjutnya, dilihat juga telah mendapatkan penghargaan lain yang relevan seperti reputasi dan pengakuan.

Penerima Adi Sewaka Nugraha diberikan piagam penghargaan dan uang masing-masing senilai Rp50 juta yang diserahkan oleh Gubernur I Wayan Koster.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x