Sekaa Semara Pegulingan Dharma Winangun Tampilkan Legong Kuntul di PKB XLIV Tahun 2022

- 6 Juli 2022, 07:40 WIB
Sekaa Semara Pegulingan Dharma Winangun dari Banjar Pemalukan, Kelurahan Peguyangan menampilkan Tari Legong Kuntul pada pagelaran Pesta Kesenian Bali (PKB)  XLIV tahun 2022.
Sekaa Semara Pegulingan Dharma Winangun dari Banjar Pemalukan, Kelurahan Peguyangan menampilkan Tari Legong Kuntul pada pagelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV tahun 2022. /Dok. Humas Pemerintah Kota Denpasar

RINGTIMES BALI - Sekaa Semara Pegulingan Dharma Winangun dari Banjar Pemalukan, Kelurahan Peguyangan menampilkan Tari Legong Kuntul pada pagelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV tahun 2022.

Duta Kota Denpasar ini tampil pada Selasa, 5 Juli 2022 di Kalangan Ayodya, Taman Budaya Art Center.

Tak hanya Tari Legong Kuntul, penampilan turut dimeriahkan dengan Tabuh Sumambang Bali dan Tarian Legong Tri Sakti.

Baca Juga: Gencarkan Vaksinasi Booster untuk Proteksi Masyarakat, Kelurahan Sesetan Vaksin 122 Warga

Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengungkapkan bahwa penampilan dari Sekaa Semara Pegulingan Dharma Winangun ini menjadi salah satu bukti eksisnya seni tradisi di Kota Denpasar hingga saat ini.

“Semoga ke depan seni  budaya dan tradisi yang khas di Kota Denpasar dapat tetap ajeg dan lestari, tentunya tanpa meninggalkan pakem yang sudah ada," kata Jaya Negara dikutip Ringtimes Bali dari Humas Pemerintah Kota Denpasar.

Tari Legong Kuntul menceritakan tentang sekelompok burung kuntul atau bangau yang sedang melakukan kebiasaan sehari-hari di sawah sembari bercengkrama.

Baca Juga: Gubernur Bali Apresiasi Kongres PSBI Ke-IV Tahun 2022

Pembina Tari Legong Kuntul Kadek Diah Pramanasari memaparkan bahwa tarian ini biasa dibawakan oleh empat hingga delapan penari putri.

Para penari dan penabuh dalam penampilan ini lebih didominasi oleh generasi muda dari Banjar Pemalukan Peguyangan.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah