Jelang G20, BNPT Himbau Masyarakat Beperan Aktif Cegah Sikap Intoleransi, Paham Radikal, dan Terorisme

- 3 Juli 2022, 17:35 WIB
Untuk antisipasi menjelang acara G20 di Bali, BNPT mengatakan bahwa sikap intoleransi, paham radikal, dan terorisme dapat dicegah secara aktif oleh masyarakat.
Untuk antisipasi menjelang acara G20 di Bali, BNPT mengatakan bahwa sikap intoleransi, paham radikal, dan terorisme dapat dicegah secara aktif oleh masyarakat. /ANTARA/Genta Tenri Mawangi

RINGTIMES BALI – Komjen Pol. Boy Rafli Amar selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengatakan bahwa sikap intoleransi, paham radikal, dan terorisme dapat dicegah secara aktif oleh masyarakat sebagai kekuatan utama dari aktor non-negara.

Dengan berkolaborasi bersama masyarakat, BNPT berusaha untuk mencegah munculnya paham radikalisme yang dapat mengarah pada tindakan teror, terutama saat ini menjelang acara G20 di Bali

"Kami fokus membangkitkan peran civil society untuk bisa bangkit menjadi kekuatan utama non-state actor," kata Kepala BNPT, dikutip dari Antara Bali.

Baca Juga: Kapolresta Lepas 25 Personel Polresta Denpasar Purnatugas dengan Gunakan Dokar

Ia juga mengatakan bahwa masyarakat akan berperan penting dalam pencegahan tersebut terutama menjelang acara G20 yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 15 sampai dengan 16 November 2022.

Boy juga menambahkan dengan membangun rasa wapada pada masyarakat maka pencegahan terhadap ancaman terorisme bisa terlaksana dengan baik.

Dengan demikian, pada kesempatan yang sama BNPT bersama beberapa tokoh masyarakat, pemuka agama, juga mahasiswa di Badung menyuarakan deklarasi siap siaga nasional terhadap ancaman terorisme.

Baca Juga: Kutipan Doa Untuk Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 1443 H, Bisa Jadi Status Medsos

Dalam acara tersebut ada lima hal yang menjadi fokus, yaitu setia pada Pancasila dan UUD NKRI Tahun 1945, menjunjung tinggi kebinekaan, bersinergi menolak intoleransi dan radikal terorisme, mendukung kesiapsiagaan nasional dalam mengantisipasi ancaman terorisme, dan siap mewujudkan Indonesia damai.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x