Sandiaga Uno Berniat Cegah Overtourism dengan Pemerataan Pariwisata di Bali

- 3 Juli 2022, 12:48 WIB
Untuk menghindari overtourism, Sandiaga  Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menghimbau agar wisatawan dapat disebar merata.
Untuk menghindari overtourism, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menghimbau agar wisatawan dapat disebar merata. /Dok. Kemenparekraf

RINGTIMES BALI - Untuk menghindari overtourism, Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menghimbau agar wisatawan dapat disebar secara merata dan tidak berfokus di daerah-daerah tertentu yang ada di Bali.

Overtourism sendiri dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana sebuah daerah mendapatkan wisatawan secara berlebih atau melampaui kapasitas sehingga nantinya akan mengakibatkan kepadatan yang memicu terjadinya berbagai masalah seperti kemacetan dan tindak kriminalitas.

Oleh karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Provinsi Bali diharapkan dapat membangun kerja sama untuk menghindari overtourism terjadi di Bali.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno akan Tingkatkan Wisata Olahraga Guna Tarik Minat Wisatawan

Menurut Sandiaga hal tersebut dapat dilakukan dengan mengangkat potensi wisata di daerah barat, timur, dan utara pulau Bali sehingga kunjungan wisatawan tidak terpusat di daerah selatan.

“Saya tukar-tukaran data dengan Pak Kadis, Pak Wagub bagaimana membagi jangan tertumpuk semua di Bali selatan, karena kalau tidak dibagi nanti terulang pengalaman sebelum pandemi, yaitu overcrowding, overtourism bisa terjadi,” kata Sandiaga di Jimbaran, Badung.

Dilansir dari Antara Bali, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, termasuk Bali, pada bulan April 2022, seperti dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik mengalami kenaikan sampai 500 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno, Berpartisipasi dalam Kompetisi Renang Internasional Oceanman 2022 di Bali

Sandiaga juga menerima laporan, bahwa Bali menerima kunjungan wisatawan domestik dengan jumlah 15.000 per hari dan 7.000 wisatawan asing per hari.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x