Desa Tunjung Buleleng Fasilitasi Masyarakat Kerja ke Luar Negeri, Upaya Atasi Pengangguran

- 21 April 2022, 16:18 WIB
Ilustrasi. Desa Tunjung, Kabupaten Buleleng, fasilitasi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri, program ini untuk mengatasi pengangguran.
Ilustrasi. Desa Tunjung, Kabupaten Buleleng, fasilitasi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri, program ini untuk mengatasi pengangguran. /Pixabay.com/@mwitt1337

RINGTIMES BALI - Salah satu desa yang terdapat di Kabupaten Buleleng, yakni desa Tunjung, memfasilitasi masyarakat untuk kerja ke luar negeri (Kapal Pesiar).

Dilansir dari laman resmi Pemkab Buleleng pada 21 April 2022, upaya yang dilakukan oleh desa Tunjung ini dilakukan untuk mengatasi tingkat pengangguran masyarakat.

Wilayah desa Tunjung terletak di Kecamatan Kutumbahan, Kabupaten Buleleng. Sebagian besar masyarakatnya bekerja di lahan pertanian dan perkebunan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 263-268 Uji Kompetensi 9, Soal Pilihan Ganda PART 2

Mata Pencaharian desa Tunjung inilah yang membuat angkatan kerja muda baru masih mengalami kesulitan untuk mencari pekerjaan.

Hal inilah yang membuat pemerintah desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tunjung Mekar membuat inovasi untuk memfasilitasi keberangkatan masyarakat Desa Tunjung untuk bekerja ke luar negeri (Kapal Pesiar).

Selanjutnya Perbekel desa Tunjung, I Made Sadia, menjelaskan bahwa inovasi ini dilakukan dengan cara memberikan pinjaman tanpa jaminan dengan bunga sebesar 1% bagi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri.

Baca Juga: Peringati Hari Kartini, BRI Group Apresiasi 7.000 Perempuan dalam WOMAN 2022

I Made Sadia mengungkapkan bahwa saat ini telah tercatat ada 30 orang angkatan kerja muda yang sudah difasilitasi melalui inovasi ini.

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x