Sosok Ratu Gede Mas Mecaling, Diyakini Umat Hindu Bali Sebagai Pencabut Nyawa di Bumi

- 15 Februari 2022, 07:50 WIB
Mengenal sosok Ratu Gede Mas Mecaling sebagai pencabut nyawa manusia di bumi.
Mengenal sosok Ratu Gede Mas Mecaling sebagai pencabut nyawa manusia di bumi. /Tangkapan layar Instagram.com/@pengayahidaratugedemasmecaling

RINGTIMES BALI - Ratu Gede Mas Mecaling merupakan sosok pencabut nyawa menurut kepercayaan umat Hindu di Bali.

Ratu Gede Mas Mecaling merupakan salah seorang pengawal Jogor Manik, yang berperan sebagai Batara Kala di Pura Dalem Ped Nusa Penida, Bali.

Ratu Gede Mas Mecaling disimbolkan seorang berbadan besar dengan warna serba hitam, bercaling pada bagian atas dan bawah, serta rambut hitam panjang.

Baca Juga: BPKPD Buleleng Lakukan 14 Inovasi Tingkatkan Penerimaan Pajak, Salah Satunya Pasang Penagihan Aktif

Tugas yang diemban oleh Ratu Gede Mas Mecaling adalah menghantarkan roh-roh jahat atau atma ke Pura Dalem Kerangkeng yang juga berada di Nusa Penida.

Dikutip dari akun TikTok @diahteja11, terdapat Goa Kerangkeng atau penjara di dalam Pura tersebut yang berisikan meja pengadilan dan sebuah patung Dewa Ganesha.

Setelah seseorang meninggal dunia, atma mencapai nerakanya berupa asap dan disambut oleh Jogor Manik, yang mengetahui karma wesana (perbuatan-perbuatan manusia) semasa hidupnya di Bumi.

Baca Juga: Soal Ulangan Harian Biologi Kelas 11 SMA Materi Sistem Pernapasan Manusia dan Pembahasannya Terbaru 2022

Apabila semasa hidupnya dulu pernah berbuat kejahatan melebihi kejamnya bebutan-bebutanan yang dikuasai oleh Ida Betara Ratu Gede Mas Mecaling, maka arwah manusia tersebut dari Pura Dalem Puri langsung dihantarkan ke Pura Dalem Kerangkeng.

Hal ini bertujuan agar arwah manusia itu menjalani hukuman sesuai dengan besar karma buruk yang diperbuat semasa hidupnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x