Kewajiban Suami Menurut Ajaran Agama Hindu, 8 Hak Istri Menurut Manawa Dharmasastra

- 23 Januari 2022, 21:31 WIB
Kewajiban Suami Menurut Ajaran Agama Hindu, 8 Hak Istri Menurut Manawa Dharmasastra
Kewajiban Suami Menurut Ajaran Agama Hindu, 8 Hak Istri Menurut Manawa Dharmasastra /K. Catur Kusumaningrat /Tim Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Berikut adalah kewajiban seorang suami sekaligus menjadi hak istri dalam ajaran agama Hindu khususnya Manawa Dharmasastra.

Semua agama termasuk agama Hindu tentunya memberikan ajaran agama yang baik untuk umatnya, salah satunya mengenai hubungan suami istri dalam rumah tangga.

Ada berbagai hak dan kewajiban yang dimiliki oleh suami dan istri yang harus dilakukan dengan seimbang agar tercipta keluarga yang bahagia.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 137 140 146 147 148 149 151

Dalam Hindu, dipercaya jika suami adalah raja dan istri adalah ratu. Sebagai raja, ada aturan dalam Hindu yang harus dilakukan agar keluarga yang dibangun bisa menjadi sinar Dharma untuk sekitarnya.

Dikutip dari postingan Instagram @nafashindu, berikut 8 kewajiban suami menurut Manawa Dharmasastra yang termuat dalam Manava Dharmasastra IX.2,3,9 dan 11.

Rangkumannya adalah sebagai berikut :

1. wajib melindungi istri dan anak-anak serta memperlakukan istri dengan wajar dan hormat. Wajib memelihara kesucian hubungannya dengan saling mempercayai sehingga terjamin kerukunan dan keharmonisan rumah tangga.

Baca Juga: Kunci Jawaban PAI Kelas 3 SD MI Halaman 139 140, Pelajaran 10 Sikap Bersyukur

2. hendaknya menyerahkan harta kekayaannya dan menugaskan istrinya untuk mengurusnya juga urusan dapur, upacara agama dalam rumah tangga dan dalam upacara-upacara yang besar bersama suaminya.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x