PLA dan AS Tingkatkan Kekuatan, Prediksi Tabrakan Kapal Selam Nuklir Laut China Selatan Meningkat

- 6 November 2021, 11:05 WIB
Ilustrasi, PLA China dan AS meningkatkan kekuatannya, sehingga menimbulkan ketakutan akan tabrakan kapal selam nuklir di Laut Cina Selatan.
Ilustrasi, PLA China dan AS meningkatkan kekuatannya, sehingga menimbulkan ketakutan akan tabrakan kapal selam nuklir di Laut Cina Selatan. /Pixabay/Maciej Kitlinski

RINGTIMES BALI - Risiko tabrakan kapal selam nuklir di Laut China Selatan meningkat ketika Angkatan Laut PLA dan AS meningkatkan penempatan di perairan yang diperebutkan, seorang peneliti China telah memperingatkan.

Wu Shicun, presiden Institut Nasional untuk Studi Laut China Selatan, mengatakan kesepakatan Aukus dapat menambah resiko itu.

Meskipun armada kapal selam nuklir Australia adalah bagian penting dari pakta dengan AS dan Inggris yang masih beberapa dekade lagi.

Baca Juga: China Disebut Terbangkan Senjata Penghancur Satelit, AS Cemas

Berbicara di forum hubungan internasional di Beijing pada hari Rabu, Wu juga mengatakan mekanisme manajemen krisis saat ini yang mungkin tidak efektif pada saat-saat kritis.

Lalu, mengacu pada dokumen tidak mengikat yang ditandatangani oleh China dan AS pada tahun 2014 tentang aturan perilaku untuk pertemuan udara dan laut.

Wu mengingat nyaris celaka pada tahun 2018, ketika sebuah kapal perusak China kelas Luyang berlayar hanya dalam jarak 41 meter (134 kaki) dari kapal perusak kelas Arleigh Burke USS Decatur, dan mereka hampir bertabrakan di Gaven Reef di Laut China Selatan.

Baca Juga: Jelang Pertemuan Partai Komunis China, Beijing Alami Kenaikan Kasus Covid-19

“Berlayar dalam jarak 41 meter sangat berbahaya. Bukannya kita tidak punya aturan, tapi aturan itu tidak diikuti di saat kritis. Di sinilah letak risikonya,” kata Wu di forum yang diselenggarakan oleh institut tersebut yang dilansir dari SCMP.

“Jika skenario yang sama terjadi pada dua kapal selam nuklir, maka ini akan menjadi bencana besar,” lanjut Wu.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: SCMP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x