Peneliti Ungkap Laut China Pernah Dikuasai Kalajengking Sebesar Anjing

- 30 Oktober 2021, 12:40 WIB
Ilustrasi, peneliti ungkap Laut China pernah dikuasai Kalajengking sebesar anjing.
Ilustrasi, peneliti ungkap Laut China pernah dikuasai Kalajengking sebesar anjing. /Tangkapan layar Youtube.com/Wahjoc

RINGTIMES BALI - Tim ilmuwan dlaporkan telah menemukan sisa-sisa fosil makhluk milik kalajengking sebesar anjing dari zaman lebih dari 400 juta tahun yang lalu di dasar laut China.

Hewan tersebut dikenal sebagai Terropterus xiushanensis, hewan renang raksasa ini adalah bagian dari keluarga Mixopteridae, sekelas makhluk kalajengking besar yang ekor sengatnya berduri.

"Tungkai tersebut kemungkinan digunakan untuk menangkap mangsa. Hewan ini dianalogikan sebagai binatang cambuk berduri," kata penulis dalam makalah ilmiahnya yang diterbitkan jurnal Science Bulletin, yang dikutip dari Cnet network.

Baca Juga: Wanita di China Pasang Cetakan di Kepala Bayi Demi Dapat Kesempurnaan

Kelompok peneliti tersebut mengatakan bahwa hewan aneh ini terbatas hanya pada empat spesies dalam dua generasi yang dijelaskan 80 tahun lalu.

Kerabat makhluk tersebut ditemukan di sejumlah negara Skotlandia, New York, Norwegia, dan Estonia.

Tetapi menurut penelitian, versi raksasa dari arakhnida ini adalah yang pertama dari jenis yang ditemukan di dekat wilayah China selatan dan adalah bagian dari anggota tertua klan Mixopteridae yang menakutkan.

Baca Juga: China Murka, AS Latih Angkatan Militer Taiwan

Pada periode Silur Awal antara 443,8 juta tahun yang lalu hingga 419,2 juta tahun yang lalu, daerah tersebut terkenal sebagai daerah Gondwana.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: CNET


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x