Bali Berpotensi Kena Tsunami Megathrust, Sejumlah Alat Deteksi Dini Dipasang

- 3 Juni 2021, 20:08 WIB
Pulau Bali dikabarkan berpotensi terkena gempa dan tsunami Megathrust
Pulau Bali dikabarkan berpotensi terkena gempa dan tsunami Megathrust /Arnold for ringtimesbali.com/

RINGTIMES BALI - Direktur Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana BPPT, M. Ilyas mengatakan, Bali adalah daerah yang berada di jalur rawan gempa dan tsunami. Untuk itu Bali harus terus siap siaga dalam menghadapi adanya ancaman bencana tersebut.

Salah satunya dengan membangun kesiapsiagaan dengan membangun sistem peringatan dini tsunami atau Indonesia Tsunami Early Warning System (Ina-TEWS).

Saat ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah memasang beberapa alat sistem peringatan dini gempa dan tsunami di Bali.

Baca Juga: Viral Bule Keluhkan Bayar Parkir Rp9,6 Juta di Bali, Netizen 'Wajarlah, Nginep 2 Bulan'

“Bagaimana kita bersama membangun kesiapsiagaan ancaman bencana tsunami di Bali,” ujarnya dalam webinar yang digelar BPPT yang bertajuk ‘Bersama Membangun Kesiapsiagaan Terhadap Ancaman Tsunami di Pulau Bali, Kamis 3 Juni 2021 di Denpasar.

Ilyas menyebut bahwa saat ini pihaknya telah dan sedang mengembangkan beberapa sistem peringatan dini tsunami di Indonesia, termasuk di Bali.

Pertama adalah InaBuoy yang berbasis buoy yang merupakan alat terapung yang dapat mendeteksi gelombang tsunami yang diakibatkan gempa bumi bawah laut.

Buoy akan mengawasi dan mencatat perubahan tingkat air laut di samudera. InaBuoy ini sendiri buat oleh bangsa Indonesia yang merupakan kerjasama antara BUMN PT.

PAL dengan BPPT sendiri. Dalam Ina-TEWS berbentuk buoy ini sendiri memiliki dua sistem pemantauan.

Baca Juga: Pasangan Bule Buat Video Porno di Bali Demi Konten untuk Dijual di Tik Tok

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x