5 Ciri Anak-anak Terkena Cacingan, Kenali Sejak Dini

- 23 Januari 2021, 20:00 WIB
5 Ciri Anak-anak Terkena Cacingan, Kenali Sejak Dini //PIKIRAN RAKYAT/ARIF HIDAYAH

RINGTIMES BALI - Penyakit cacingan menjadi salah satu masalah yang kerap dialami anak-anak. Anak yang terkena cacingan tentu membuat orang tua khawatir.

Meski terlihat sepele, masalah cacingan ternyata cukup serius jika dibiarkan tanpa penanganan yang benar. Anak yang terkena cacingan biasanya karena anak suka bermain di tempat kotor.

Kebersihan yang tidak terjaga membuat anak-anak rentan terkena cacingan. Apalagi jika anak bermain di tempat yang terkontaminasi telur cacing.

Baca Juga: Cegah Gagal Ginjal dengan 10 Makanan Sehat Terbaik

Jika orang tua tidak memperhatikan kebersihan makanan dan  minuman juga bisa menimbulkan cacingan. Dikutip RINGTIMES BALI dari video yang diunggah kanal YouTube Sehat Secara Alami, berikut 5 tanda anak terkena cacingan yang perlu diperhatikan orang tua.

1. Gatal Pada Bagian Anus

Tanda anak terkena cacingan adalah rasa gatal pada anus yang terus menerus. Anak-anak terbiasa bermain di tanah yang kotor dan tidak membersihkan tangan dan badan dengan baik, sehingga anak-anak sangat rentan diserang cacing kremi.

Serangan cacing kremi ini yang menimbulkan rasa gatal disekitar anus. Biasanya intensitas rasa gatal ini bisa meningkat di malam hari.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Sakit Tenggorokan, Coba Makan Pisang

2. Tidur Tidak Nyenyak

Halaman:

Editor: I GA Putu Yuliani Dewi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X