Cegah Gagal Ginjal dengan 10 Makanan Sehat Terbaik

- 23 Januari 2021, 18:30 WIB
Sayur kubis. /Pixabay/Ulleo

RINGTIMES BALI - Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dalam darah dan mengirimkannya ke kandung kemih dan menjadi urine.

Organ ini juga berfungsi mengatur tekanan darah, penyerapan air, mengendalikan keasaman tubuh dan menyeimbangkan kadar elektrolit.

Karenanya jika terjadi sedikit kerusakan, maka akan berakibat fatal. Dengan begitu penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan ginjal.

Salah satunya adalah dengan menjaga dan mengkonsumsi makanan yang tepat.

Baca Juga: Simak, 10 Minuman Ini Aman Dikonsumsi dan Efektif sebagai Pembersih Ginjal dan yang lainnya

Makanan dengan kandungan garam, kalium, fosfor dan kolesterol yang berlebihan akan membebani ginjal karena cukup sulit disaring, sehingga ginjal harus bekerja lebih keras. Dengan menjaga asupan gizi menjadi salah satu cara untuk terhindar dari berbagai penyakit.

Beberapa makanan berikut ini memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal, sebagaimana video yang diunggah dalam kanal YouTube Cendekiawan muda, 8 September 2020:

1. Putih telur

Putih telur sangat baik dibanding kuning telur yang tinggi akan fosfor.

Kandungan protein putih telur juga dibutuhkan pasien gagal ginjal yang menjalani dialisis, pasalnya proses cuci darah dapat membuang protein dalam darah.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X