Kolesterol Tinggi Jadi Pemicu Stroke, Hipertensi, hingga Jantung Koroner

- 29 November 2020, 09:30 WIB
Kolesterol Tinggi Jadi Pemicu Stroke, Hipertensi, hingga Jantung Koroner /pixabay/InspiredImages

RINGTIMES BALI – kebanyakan orang mungkin tidak mengetahuinya bahwa kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan komplikasi karena dapat memicu tekanan darah tinggi, stroke, bahkan jantung koroner.

Kolesterol adalah sejenis lipid atau lemak. Secara alami, zat tersebut diproduksi organ hati yang sangat penting untuk pembentukan membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D.

Kolesterol tidak larut dalam air, sehingga tidak dapat berpindah melalui darah. Hati akan memproduksi lipoprotein untuk membantu mengangkut kolesterol. Lipoprotein adalah partikel yang terdiri dari lemak dan protein.

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara, Simak 9 Tips Efektif Berikut

Kolesterol dan trigliserida (jenis lipid lain) dibawa melalui aliran darah. Lipoprotein terdiri dari dua bentuk yaitu lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Darah yang mengandung terlalu banyak kolesterol LDL (kolesterol dibawa oleh lipoprotein densitas rendah), itu dikenal sebagai kolesterol tinggi.

Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani, kolesterol tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk serangan jantung ataupun stroke.

Baca Juga: Cara Deteksi Kanker Payudara pada Ibu Hamil, Begini Perawatan yang Tepat

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala. Itulah mengapa penting untuk memeriksakan kadar kolesterol secara berkala.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Boldsky, Healthline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X