Menko Perekonomian Minta UMKM Ambil Bagian untuk Majukan Ekonomi Digital

- 5 April 2023, 13:00 WIB
Menko Perekonomian Airlangga meminta para pelaku UMKM turut untuk ambil bagian dalam memajukan sistem perekonomian digital di Indonesia.
Menko Perekonomian Airlangga meminta para pelaku UMKM turut untuk ambil bagian dalam memajukan sistem perekonomian digital di Indonesia. /Husni Habib /Instagram @airlanggahartanto_official

RINGTIMES BALI - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto meminta para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk ambil bagian dalam memajukan sistem perekonomian digital di Indonesia.

Menurut Airlangga sistem ekonomi digital Indonesia sudah tergolong besar. Pada 2022, sistem ekonomi digital Indonesia sudah mampu menghasilkan sekitar 70 USD

Sehingga diperkirakan akan mengalami peningkatan sebesar 130 miliar dolar AS pada tahun 2025 dan sebesar 300 miliar dolar AS pada tahun 2030.

Lebih lanjut dijelaskan Airlangga bahwa sistem ekonomi digital ini akan semakin baik jika produk dari para pelaku UMKM ini, ikut andil di dalamnya.

Baca Juga: Seekor Ikan Paus Sperma Ditemukan Terdampar di Pantai Lepang, Klungkung 

Peningkatan ekonomi digital melalui produk UMKM, bisa saja terjadi, mengingat UMKM mempunyai peran besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2022.

Perbaikan ekonomi ini berjalan seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran.

Meskipun demikian, Airlangga sangat menyayangkan bahwa masih banyak UMKM yang belum punya akses ke sistem keuangan.

Padahal, bisa dilihat bahwa Indonesia menargetkan inklusi keuangan pada tahun 2024 sebesar 88 sampai 90 persen.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x