IEC Targetkan 1000 Anggota Tetap yang Siap Jalankan Ekspor Pada Tahun 2023

- 20 Mei 2023, 18:30 WIB
IEC Targetkan 1000 Anggota Tetap yang Siap Jalankan Ekspor Pada Tahun 2023
IEC Targetkan 1000 Anggota Tetap yang Siap Jalankan Ekspor Pada Tahun 2023 /ANTARA/MUHAMMAD HERIYANTO/

RINGTIMES BALI- Indonesia Export Channel (IEC) targetkan sekitar 1.000 anggota tetap (member) yang siap dalam menjalankan ekspor pada tahun 2023 ini.

Target member IEC ini, termasuk mereka yang berasal dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Dwi Rey Marchiano pada Musyawarah Nasional pertama IEC di Jakarta, Sabtu 20 Mei 2023.

Sampai dengan saat ini, IEC sudah ada pada sebelas wilayah atau provinsi di Indonesia dengan anggota mencapai 16.000 pelaku usaha, yang 600 pelaku usaha diantaranya termasuk anggota tetap.

“Target kita tahun ini ada 1.000 anggota yang sudah siap dan sudah melakukan ekspor. Di Mei 2023 ini kita ada 600 anggota tetap,” ucap Rey, dikutip dari Antara, Sabtu 20 Mei 2023.

Pada kesempatan ini, Rey mengatakan bahwa pihaknya membahas masalah utama yakni terkait pembiayaan (financing) dan logistik,  yang sedang dihadapi anggotanya saat ini.

Sehingga, sebagai upaya mendorong pembiayaan, pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa pihak seperti dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Bank Artha Graha Internasional Tbk (Artha Graha), untuk memberi akses pembiayaan.

Baca Juga: Menko Perekonomian Minta UMKM Ambil Bagian untuk Majukan Ekonomi Digital

Sedangkan untuk memberikan jaminan keuangan terhadap para anggota, pihaknya menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Ekspor Indonesia (Asuransi ASEI).

Kedua masalah yang tengah dihadapi pihaknya yakni financing dan logistik, kata Rey, diusahakan untuk diselesaikan hari ini juga.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x