Kemenkominfo Beri Solusi Logistik untuk Tingkatkan Jangkauan dan Kelas UMKM Binaannya

- 23 Mei 2023, 20:26 WIB
Kemenkominfo UMKM Level Up,
Kemenkominfo UMKM Level Up, /Instagram @kemenkominfo

RINGTIMES BALI- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberi solusi logistik kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaannya, guna meningkatkan jangkauan dan kelas dari para pelaku usaha tersebut.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Samuel A. Pangerapan menjelaskan bahwa karena akses yang belum merata dan kendala biaya tinggi yang ditemukan pada beberapa daerah, menjadikan solusi logistik faktor yang penting untuk dibahas saat ini.

“Mau punya produk UMKM yang bagus lalu pembayarannya juga bagus, tapi kalau logistiknya tidak ada bagaimana? Nah ini kita dorong harus dikembangkan ke seluruh pelosok Indonesia,” ucap Samuel, dikutip dari Antara, Selasa 23 Mei 2023.

Pihak Kemenkominfo yang menjangkau para pelaku UMKM, menemukan bahwa banyak sekali logistik yang memakan biaya lebih besar dibandingkan harga produk yang dijual oleh UMKM tersebut.

Inilah yang seringkali menjadi kendala, karena bisa menurunkan minat masyarakat yang ingin membeli produk tersebut.

Sehingga, untuk pembina selama 2023 ini, pihak Kemenkominfo selain tetap fokus dalam mendorong pemanfaatan pelayanan digital, tetapi juga akan memberi dan mencari solusi logistik yang optimal kepada para UMKM binaannya.

Samuel menjelaskan bahwa pihaknya akan mencari solusi, untuk bagaimana perkembangan bisnis oleh UMKM binaannya bisa betul-betul maksimal, dalam menyediakan layanan bagi masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga terus berusaha agar produk milik UMKM binaannya, bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia, dalam hal ini agar pertukaran antara barang dari suatu daerah ke daerah lainnya bisa berjalan lancar.

Menurut Samuel, dengan adanya kemudahan akses yang diberikan, diharapkan semua pelaku usaha dalam binaan Kemenkominfo, bisa mendapatkan manfaatnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x