Bupati Jembrana Tandatangani Persetujuan Dokumen RTD Bendungan Benel dan Palasari

- 13 Desember 2023, 01:34 WIB
Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dengan melakukan penandatanganan RDT bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, Selasa (12/12).
Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dengan melakukan penandatanganan RDT bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, Selasa (12/12). /Dok Humas Jembrana/

RINGTIMES BALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana, menyetujui Dokumen Rencana Tindak Darurat (RTD) apabila terjadi keadaan darurat di bendungan Benel dan Palasari. 

Persetujuan diberikan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dengan melakukan penandatanganan RDT bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, Muhammad Noor dalam acara sosialisasi terkait rencana tindak darurat (RTD) Bendungan Palasari dan Benel yang digelar di Ruang Rapat lantai III Kantor Bupati Jembrana, Selasa (12/12).

Seperti diketahui Bendungan Palasari yang berlokasi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya pada aliran sungai Sang Hyang Gede telah beroperasi sejak 1989. 

Dengan luasan mencapai 100 Hektar dan volume mencapai 8.000.000 m3, bendungan tersebut tidak hanya berkontribusi dalam sistem irigasi, juga berpotensi sebagai suatu objek wisata karena daya tarik alamnya. 

Sementara, Bendungan Benel yang berlokasi di Desa Manistutu, Kecamatan Melaya pada aliran sungai Aya beroperasi sejak 2010, memiliki luas 40 Hektar dan volume mencapai 2.000.000 m3. Sama dengan Bendungan Palasari, Bendungan Benel juga berkontribusi dalam sistem irigasi dan juga sebagai spot objek wisata di Kabupaten Jembrana.

“Saya sangat mengapresiasi terbitnya dokumen RTD ini yang akan sangat bermanfaat kedepannya, sebagai langkah antisipatif dari pihak-pihak terkait apabila terjadi kerusakan pada bendungan," kata Bupati Tamba yang didampingi Sekda I Made Budiasa serta Kadis PUPR, I Wayan Sudiarta.

Pertemuan ini menurutnya, diselenggarakan sebagai upaya untuk mempersiapkan kesiagaan tanggap darurat bagi pengelola bendungan dan pihak-pihak terkait agar selalu siap menghadapi kondisi terburuk dari bendungan yang dikelolanya. “Hal ini penting dilakukan karena menyangkut keselamatan warga di sekitar bendungan” sambungnya.

Baca Juga: Bupati Tamba Serahkan Bantuan KUBE dan Kelompok Lansia

Lebih lanjut pihaknya, atas nama Pemerintah Kabupaten Jembrana juga mengucapkan terima kasih serta apresaisi yang setingginya kepada pengelola Bendungan Palasari dan Benel yang tak lain adalah kepala BWS Bali-Penida yang selalu berkomitmen memberikan yang terbaik dalam bidang pengelolaan sumber daya air. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x