Sekda Adi Arnawa Buka Bimtek Bagi Petugas Pertanian

- 26 Oktober 2023, 23:56 WIB
Sekda I Wayan Adi Arnawa membuka secara resmi acara Bimtek bagi petugas pertanian, sekaligus penyerahan Benih Padi Unggul Ciherang kepada Subak Aban, bertempat di Kantor BPP Abiansemal, Kamis (26/10)
Sekda I Wayan Adi Arnawa membuka secara resmi acara Bimtek bagi petugas pertanian, sekaligus penyerahan Benih Padi Unggul Ciherang kepada Subak Aban, bertempat di Kantor BPP Abiansemal, Kamis (26/10) /Dok Humas Badung/

RINGTIMES BALI - Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa membuka secara resmi acara Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petugas pertanian, sekaligus penyerahan Benih Padi Unggul Ciherang sebanyak 1,6 ton  kepada Subak Aban, bertempat di Kantor BPP Abiansemal, Kamis (26/10). 

Turut juga hadir Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana, perwakilan dari Camat Abiansemal, Narasumber Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Bali I Nyoman Sunanjaya, MDA, Majelis Alit Subak se-Badung, para Pekaseh,  beserta para Bimtek.

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan, jika berbicara mengenai ketahanan pangan perlu adanya dukungan terhadap para petani di Badung, apalagi Pemerintah Kabupaten Badung tetap mendukung, mensupport terhadap apa yang dilakukan oleh Subak dalam rangka menjaga ketahanan pangan dan alih fungsi lahan. 

Pihaknya juga mengajak kepada penyuluh pertanian, agar bisa menghasilkan produktivitas hasil pertanian menjadi bagus, diimbangi dengan SDM yang dimiliki. 

”Maka dari itu mari kita bersama-sama bergerak di dari hulu, untuk bagaimana caranya kita agar SDM yang kita miliki bisa tetap menjaga kedaulatan pangan dan ketahanan pangan di sektor pertanian. Ini bukti keberpihakan Pemerintah Kabupaten Badung terhadap sektor pertanian dalam rangka menjaga ketahanan pangan, maupun mensejahterakan para petani kita,” jelasnya.

Baca Juga: Badung Launching Gerakan Pemantauan Pemilahan Sampah Kolaborasi TNI, Polri dan PKK Desa

“Saya berharap kedepan Subak agar memiliki satu Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), dalam rangka menentukan capaian kinerjanya. Contoh bagaimana cara agar menjaga alih fungsi lahan, menjaga hasil produktivitas pertanian, bagaimana agar hasil produksi menjadi meningkat, tanpa adanya dukungan dari kearifan lokal Subak tersebut,“ sambungnya.

Lebih lanjut Sekda Adi Arnawa mengajak mari tunjukan prestasi, dan potensi yang ada  di masing-masing Subak. Kepada masing-masing penyuluh agar menunjukan kinerja dalam hal ini mendampingi Subak, dari segi menjaga alih fungsi lahan. 

“Kebetulan dilaksanakannya Bimtek, saya minta agar serius untuk mengikuti, terhadap materi-materi apa yang nanti disampaikan. Secara prinsip di Badung, kita akan dorong untuk memajukan sektor pertanian. Apalagi Pemerintah Kabupaten Badung membangun MRU terhadap penyosohan beras dan membeli gabah petani, dengan harapan hasil pertanian di Badung menjadi meningkat, petani menjadi sejahtera,“ ucapnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x