Lewat Kegiatan Jebolan, Disdukcapil Jembrana Sasar Pemula ke Sekolah

- 20 September 2023, 14:36 WIB
Disdukcapil jemput bola pelayanan rekam e-KTP ke SMA 1 Melaya, Rabu (20/9).
Disdukcapil jemput bola pelayanan rekam e-KTP ke SMA 1 Melaya, Rabu (20/9). /Dok Humas Jembrana/

RINGTIMES BALI - Pemkab Jembrana melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus meningkatkan pelayanan masyarakat untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Kali ini Disdukcapil jemput bola pelayanan rekam e-KTP ke SMA 1 Melaya, Rabu (20/9). 

Kegiatan perekaman e-KTP tersebut dihadiri Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kadis Dukcapil, I Wayan Sudana, Camat Melaya, dan warga sekolah SMA Negeri 1 Melaya.

Kadis Dukcapil, I Wayan Sudana menuturkan bahwa kegiatan JEBOLAN (Jemput Bola Perekaman E-KTP) bagi pemula ini bukan yang pertama kali dilakukan, namun sudah berjalan beberapa kali di sekolah-sekolah yang ada di Jembrana.

"Melalui jemput bola perekaman e-KTP ini, Saya berharap seluruh masyarakat bisa melaksanakan perekaman, khususnya bagi yang sudah wajib memiliki e-KTP berumur 17 tahun ke atas. Dan untuk siswa yang sudah berusia 17 Tahun, KTP akan langsung dicetak setelah melakukan perekaman, sedangkan yang berusia 16 tahun KTP akan dicetak saat mereka genap berusia 17 tahun," ucapnya.

Baca Juga: Sekda Adi Arnawa Metemu Wirasa Dengan Karang Taruna Kabupaten Badung

Lebih lanjut Sudana, Disdukcapil Jembrana mempunyai inovasi yaitu JEBOLAN atau jemput pelayanan pelajar langsung dan perekaman otentik dokumen identitas penduduk. 

“Atas arahan dan dorongan Bapak Bupati, Dispendukcapil jemput bola ke sekolah-sekolah di seluruh Kabupaten Jembrana,” katanya. 

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan pentingnya kebutuhan tentang perekaman kependudukan itu untuk semua generasi. Hal itu merupakan bagian sistem administrasi di Indonesia, yang dilaksanakan guna mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

"Perlunya administrasi penduduk ini tentunya banyak hal baik yang dibutuhkan. Seperti untuk melanjutkan sekolah, bekerja, maupun dalam memberikan hak pilihnya di Pemilu 2024 mendatang," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x