Dari Jembrana Menuju Dunia, Kakao Jembrana Didukung Pemerintah Pusat 

- 16 September 2023, 20:44 WIB
Dari Jembrana Menuju Dunia, Kakao Jembrana Didukung Pemerintah Pusat 
Dari Jembrana Menuju Dunia, Kakao Jembrana Didukung Pemerintah Pusat  /Dok Humas Jembrana/

RINGTIMES BALI - Kabupaten Jembrana menjadi tujuan pelaksanaan Field Trip Kakao dalam peringatan Hari Kakao Indonesia Tahun 2023. 

Hal tersebut karena kualitas biji kakao fermentasi Jembrana yang telah diakui oleh dunia serta telah mendapat penghargaan secara nasional pada lomba Biji Kakao Nasional Tahun 2022.

Field Trip Kakao yang dilaksanakan di kebun kakao milik Kelompok Tani Kakao Merta Abadi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Sabtu (16/9) dihadiri oleh sejumlah pejabat kementerian dan asosiasi dibidang pengembangan produksi kakao.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyambut kedatangan para tamu diantaranya Musdalifah Machmud selaku Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Bidang Perekonomian, Yuli Sri Wilantari selaku National Project Director Proyek FOLUR dan 

Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Kemenko Perekonomian, Ihsan Nugraha dari Badan Karantina Pangan dan Soesanto Abdoellah selaku Ketua Umum Dewan Kakao Indonesia serta undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tamba mengajak seluruh undangan untuk memetik secara langsung buah kakao hasil kelompok tani Merta Abadi serta melihat proses pengolahan biji kakao mentah yang melalui fermentasi hingga menjadi produk kakao setengah jadi.

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Bidang Perekonomian, Musdalifah Machmud mengatakan kakao secara nasional adalah kebanggaan negara Indonesia karena kakao bukan hanya sebagai sumber ekonomi tetapi juga masuk dalam budaya. 

Dirinya meyakini bahwa kakao bisa menciptakan banyak kreatifitas yang mendukung budaya-budaya nasional.

Musdalifah sangat mengapresiasi pengembangan berbagai komoditas pertanian yang ada di kabupaten Jembrana salah satunya adalah komoditas kakao. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x