Libur Galungan dan Kuningan, Siswa SMP di Denpasar Digemleng Adat Budaya Lewat Pasraman di Sekolah

- 10 Agustus 2023, 22:54 WIB
Pelaksanaan Pasraman dalam rangka mengisi Libur Hari Suci Galungan dan Kuningan di beberapa SMP se-Kota Denpasar, Kamis (10/8)
Pelaksanaan Pasraman dalam rangka mengisi Libur Hari Suci Galungan dan Kuningan di beberapa SMP se-Kota Denpasar, Kamis (10/8) /Dok Humas Denpasar/

RINGTIMES BALI - Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Denpasar digembleng ilmu tentang adat, budaya dan tradisi selama Libur Hari Suci Galungan dan Kuningan. 

Hal tersebut guna mengisi hari libur dengan kegiatan positif dan mengantisipasi hal-hal negatif yang dilakukan oleh siswa. Kegiatan ini diikuti oleh semua SMP baik Negeri maupun swasta di Kota Denpasar di sekolah masing-masing.

Kepala Disdikpora Kota Denpasar Anak Agung Gde Wiratama saat dikonfirmasi Kamis (10/8), pasraman tersebut digelar mulai tanggal 7-10 Agustus 2023. 

Hal ini sesuai himbauan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan dari membuat bahan upakara maupun semacam dharma wacana. Tak hanya bagi siswa beragama Hindu, siswa yang beragama lain seperti Islam juga ikut belajar baca Alquran dan sejenisnya.

"Pelaksanaan pasraman sekolah ini digelar untuk mengisi hari libur Galungan dan Kuningan. Dimana selama masa liburan mereka agar diisi dengan kegiatan yang positif," ujar Wiratama.

Pihaknya mengaku tidak memaksakan sekolah untuk menggelar kegiatan tersebut. Dimana, Disdikpora hanya memberikan himbauan kepada semua SMP negeri maupun swasta agar bisa melaksanakan kegiatan tersebut. 

Hal ini berkaca dari kenakalan remaja yang sempat heboh yakni bajing kids tidak lagi terjadi di Kota Denpasar. 

"Berkaca pada kejadian kelompok bajing kids kemarin. Jadi kita serahkan ke masing-masing sekolah untuk menggelar pasraman sekolah untuk membuat kegiatan yang positif. Selain kenakalan remaja juga bisa mengurangi siswa fokus bermain gadget," katanya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x