66 Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali Ikut Uji Kelayakan dan Kepatutan

- 5 Agustus 2023, 15:59 WIB
Ketua Bawaslu Bali, I Putu Agus Tirta Suguna /Andre Putra/Ringtimes Bali/ Pikiran Rakyat Media Network
Ketua Bawaslu Bali, I Putu Agus Tirta Suguna /Andre Putra/Ringtimes Bali/ Pikiran Rakyat Media Network /

RINGTIMES BALI - Sebanyak 66 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten/Kota se-Bali mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatutan yang diadakan di B Hotel, Sunset Road, Kuta, Kabupaten Badung, pada Jumat (4/8/2023) dan Sabtu (5/8/2023).

Ketua Bawaslu Provinsi Bali, I Putu Agus Tirta Suguna menjelaskan, tahapan ini merupakan tahapan akhir dari keseluruhan mekanisme proses seleksi, sebelum ditetapkannya nama-nama anggota komisioner Bawaslu kabupaten/kota yang terpilih oleh Bawaslu RI.

"Dalam uji kelayakan dan kepatutan ini, kami dari Bawaslu Bali menilai kepatutan, karakter, kapasitas, dan integritas dengan menggunakan metode semi group diskusi dari masing-masing calon, dimana hasilnya kami langsung serahkan ke Bawaslu RI," jelas Agus Tirta saat ditemui di lokasi uji kelayakan, Sabtu (5/8/2023) pagi.

Menurutnya, sebagai perpanjangan tangan dari Bawaslu RI, maka sudah tentu pihaknya memberikan penilaian secara adil dan jujur. Hal ini demi lahirnya pengawas pemilu daerah yang berkualitas.

"Meskipun begitu, ketetapan nama-nama calon yang lolos, nantinya merupakan kewenangan mutlak dari Bawaslu RI," tutur mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar ini.

Ditanya terkait kapan ketetapan dari nama-nama yang terpilih diumumkan oleh Bawaslu RI, Agus Tirta belumlah mengetahuinya. Tetapi ia memastikan sebelum tanggal 15 Agustus 2023 seluruh komisioner Bawaslu kabupaten/kota di Bali harus terisi.

"Karena di 15 Agustus 2023, masa jabatan bagi komisioner Bawaslu kabupaten/kota se-Bali periode 2018-2023 berakhir. Kemungkinan pastinya sebelum tanggal tersebut nama-nama komisioner harusnya sudah diumumkan," tandas pejabat asal Banjar Kederi, Desa Singapadu Kaler, Sukawati, Kabupaten Gianyar.***

Baca Juga: Baliho Dirobohkan oleh Oknum Prajuru Banjar Adat, Ketua PSI Bali Siapkan Langkah Hukum

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x