Penghargaan THK CSR Awards 2023 Diraih Pertamina Patra Niaga DPPU Ngurah Rai

- 30 Juli 2023, 19:08 WIB
Penghargaan THK-CSR Award 2023 kepada PT Pertamina Patra Niaga DPPU Ngurah Rai, pada Jumat (28/7/2023)
Penghargaan THK-CSR Award 2023 kepada PT Pertamina Patra Niaga DPPU Ngurah Rai, pada Jumat (28/7/2023) /Andre putra/Pikiran Rakyat Group/ Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Yayasan Tri Hita Karana (THK) Bali memberikan penghargaan THK CSR Awards 2023 kepada PT. Pertamina Patra Niaga DPPU Ngurah Rai, pada Jumat (28/7/2023).

THK CSR awards adalah sebuah penghargaan dari yayasan THK kepada Pertamina karena mampu memberikan terobosan serta inovasi baru dalam mengelola dana CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaannya. Yakni melalui program penyaluran dana kepada kelompok tani Munduk Uma Palak Lestari di wilayah Subak Sembung, Peguyangan, Denpasar Utara.

Ketua Yayasan Tri Hita Karana, I Gusti Ngurah Wisnu Wardana mengapresiasi upaya yang dilakukan pertamina ini, menurutnya hal itu telah sejalan dengan penerapan konsep Tri Hita Karana yang berusaha mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

"Dari gelontoran hibah CSR mulai tahun 2020 hingga 2025 nanti, Pertamina DPPU Ngurah Rai terus berkomitmen mendukung keberadaan ekowisata Subak Sembung sebagai destinasi wisata edukasi lingkungan. Hal ini membuat yayasan mengapresiasi dengan memberikan THK CSR Awards," ungkap Wisnu Wardana seusai penganugerahan CSR Awards di The Patra Bali Resort, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung.

Wisnu Wardana juga memaparkan, selain komitmen pengembangan edukasi wisata lingkungan, berkat sumbangsih Pertamina tersebut, terdapat juga beberapa aspek yang berkembang bagi kelangsungan kehidupan masyarakat sekitar.

"Seperti halnya aspek pemberdayaan masyarakat dengan menguatkan kelompok tani untuk mengelola kawasan konservasi dan bersinergi bersama kelompok ekowisata. Selain itu aspek perekonomian masyarakat pun ikut meningkat dengan adanya pendapatan dari produksi pelet serta budidaya maggot," papar Wisnu yang juga wartawan senior ini.

Lebih lanjut Wisnu memberikan penilaian terbesarnya pada aspek lingkungan, sebab hadirnya CSR dari Pertamina secara tak langsung mendukung kelestarian alam kawasan Subak Sembung dan juga berdampak pada berkurangnya alih fungsi lahan di Kota Denpasar.

Sementara itu, Pjs Operation Head PT Pertamina DPPU Ngurah Rai Sigit Gentur Sutopo mengatakan, kehadirannya mendapat sambutan positif dari masyarakat, sebab perusahaanya telah berbuat banyak dengan turut serta menguatkan kelembagaan kelompok tani Uma Palak Lestari dalam mengelola konservasi dan bersinergi dengan kelompok ekowisata. 

"Selain itu kami mendukung terciptanya generasi masyarakat yang sehat dengan   menjadikan kawasan Subak Sembung ini sebagai lokasi olahraga masyarakat," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x