Bupati Tabanan Apresiasi Kebersamaan Masyarakat Saat Nyaksi Uleman Pitra Yadnya Ngaben Massal

- 14 Juli 2023, 00:41 WIB
Roadshow ke 3 Desa, Bupati Tabanan Apresiasi Kebersamaan Masyarakat Saat Nyaksi Uleman Pitra Yadnya Ngaben Massal
Roadshow ke 3 Desa, Bupati Tabanan Apresiasi Kebersamaan Masyarakat Saat Nyaksi Uleman Pitra Yadnya Ngaben Massal /Dok Humas Tabanan

RINGTIMES BALI - Memenuhi komitmen selaku Kepala Daerah, dalam mengawal pembangunan di tengah-tengah masyarakat, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M Nyaksi Uleman Upacara Pitra Yadnya yang berlangsung secara roadshow di beberapa Desa yaitu Desa Bajera Utara, Desa Adat Galiukir dan Desa Luwus, Kamis (13/7).

Dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda Tabanan, Para Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Para Kepala Bagian dilingkungan Setda Tabanan, Camat dan Perbekel, Bendesa Adat dan Tokoh Masyarakat setempat, Karya yang pertama dikunjungi, yakni ngaben massal Banjar Adat Kebon, Desa Bajera yang berlangsung di Bale Banjar Adat Kebon, Desa Bajera Utara, Selemadeg Tabanan.

Dalam Karya yang berlangsung di Desa Bajera, sebanyak 21 sawa diaben secara massal, melalui program 5 tahunan yang sudah ditetapkan dalam perarem desa. Adapun biaya yang dikeluarkan masing-masing sawa sebanyak 13 juta rupiah dengan 

total biaya sebesar 320 juta rupiah. Karya Pitra Yadnya Sawa Prakerti dipuput oleh Ida Pedanda Griya Gede Bajera dan dipuncakkan pada 15 Juli 2023 mendatang. 

Sementara pada Lokasi kedua, Karya Uleman Upacara Pitra Yadnya Ngaben Massal berlangsung di Balai Serbaguna Desa Adat Galiukir, Desa Kebon Padangan, Kecamatan Pupuan. 

Karya ini merupakan kali ketiga dilakukan sejak tahun 2013 silam dan rutin dilaksanakan selama 5 tahun sekali. Tak hanya diikuti oleh 55 sawa Ngaben Massal, karya ini juga diikuti oleh upacara Manusa Yadnya dengan rincian 65 Peserta Metatah, 79 mesambutan, 1 ngelungah dan 10 ngelangkir. Puncak acara ditetapkan pada 16 Juli 2023 mendatang. 

Roadshow berakhir di lokasi ketiga, Bupati Tabanan Nyaksi Upacara Pitra Yadnya lan Mamukur Banjar Adat Mandul, Desa Luwus, Kecamatan Baturiti yang bertempat di Bale Banjar Desa Mandul. 

Dimana selain Karya Ngaben Massal dari 19 sawa dan 17 peserta ngelungah, acara ini juga diikuti oleh 19 orang peserta metatah. Karya telah dimulai sejak 30 Juni sampai 22 Juli di mana puncak acaranya akan dipusatkan pada 15 Juli mendatang.

Kehadiran Bupati dan jajaran pada karya Pitra Yadnya tersebut, merupakan wujud komitmen dan konsistensi Pemerintah dalam mengiringi pembangunan di masyarakat. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x