Wawali Arya Wibawa Buka Gelaran Ubung Kaja Festival Tahun 2023

- 7 Juli 2023, 14:45 WIB
Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat membuka secara resmi gelaran Ubung Kaja Festival Tahun 2023 dengan tema Taksu Uriping Bhuwana dengan menancapkan Kayonan di Lapangan Desa Adat Poh Gading, Denpasar, Kamis (6/7)
Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat membuka secara resmi gelaran Ubung Kaja Festival Tahun 2023 dengan tema Taksu Uriping Bhuwana dengan menancapkan Kayonan di Lapangan Desa Adat Poh Gading, Denpasar, Kamis (6/7) /Dok Humas Denpasar

RINGTIMES BALI- Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka secara resmi gelaran Ubung Kaja Festival Tahun 2023 dengan tema Taksu Uriping Bhuwana dengan menancapkan Kayonan di Lapangan Desa Adat Poh Gading, Denpasar, Kamis (6/7) dan akan berlangsung hingga 8 Juli mendatang. 

Kegiatan yang digelar perdana sebagai upaya memberikan ruang kreatifitas sekaligus pemberdayaan masyarakat ini turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Bali, Grace Anastasia Surya Widjadja, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Gede Sumara Putra, I Bagus Jagra Wibawa dan Agus Wirajaya. 

Tampak pula Kapolsek Denpasar Utara, Iptu Carlos Dolesgit, Danramil Denpasar Utara, Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara, Bandesa Adat Poh Gading, AA Ngurah Ketut Suparta, 

Hdir pula Tokoh Masyarakat, I Gusti Ngurah Marhaendra Jaya, AA Paramita Dewi, Ketua Forum Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar, I Gede Wijaya Saputra, Perbekel dan Ketua TP. PKK se-Kecamatan Denpasar Utara serta undangan lainya. 

Ketua Panitia Ubung Kaja Festival, Angga Prasetya mengucapkan banyak terimakasih kepada panitia, peserta, serta seluruh pihak yang telah memberikan dukungan baik itu moril maupun materiil sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

Dikatakannya, Ubung Kaja Festival 2023 di tahun ini mengambil tema "Taksu Uriping Bhuwana". Dimana, Taksu berarti kekuatan suci Tuhan yang dapat membangkitkan dan meningkatkan daya kreativitas, intelegensia, serta kemampuan intelektualitas seseorang, yang dihubungkan pula dengan kemahakuasaan manifestasi Tuhan. Sementara Uriping mengandung makna nyawa atau jiwa, serta Bhuwana berarti Alam Semesta. 

"Taksu Uriping Bhuwana berarti Taksu sebagai jiwa dari semesta. dimana Pulau bali dikenal sebagai pulau dengan keberagaman budaya yang terkandung di dalamnya Dengan taksu sebagai jiwa," ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan, Kegiatan Ubung Kaja Festival memiliki serangkaian acara yang berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 6 Juli 2023 yaitu acara pembukaan dan hari pertama Parade Baleganjur, tanggal 7 Juli 2023 hari kedua Lomba Mewarnai, Lomba Busana Adat dan Parade Baleganjur, serta penutupan pada tanggal & Juli 2023 yang akan menampilkan Guest Star sebagai acara hiburan.

Adapun pelaksanaan Parade Baleganjur ini diikuti oleh 18 Banjar, yang akan dibagi menjadi dua sesi tampil yaitu pada tanggal 6 dan 7 Juli 2023. Selanjutnya, jumlah peserta Lomba mewarnai sejumlah 31 orang, Lomba Busana Adat 13 pasang. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x