Duta Kota Denpasar Tampil Pada Parade Busana Adat Khas Daerah di PKB XLV

- 3 Juli 2023, 14:24 WIB
Penampilan Duta Kota Denpasar pada Parade (Utsawa) Busana Khas Daerah serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023 yang disaksikan langsung Ketua TP. PKK Kota Denpasar
Penampilan Duta Kota Denpasar pada Parade (Utsawa) Busana Khas Daerah serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023 yang disaksikan langsung Ketua TP. PKK Kota Denpasar /Dok Humas Denpasar

RINGTIMES BALI - Duta Kota Denpasar memberikan sajian busana terbaiknya pada Parade (Utsawa) Busana Khas Daerah serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Center Denpasar, Minggu (2/7).

Dalam kesempatan tersebut, Duta Kota Denpasar menampilkan empat jenis busana adat. Yakni Busana Payas Madya, Payas Agung, Payas Malelunakan dan Payas Maplekir yang tentunya sesuai dengan pakem tradisi Kota Denpasar. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP. PKK Kota Denpasar yang juga Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Widnyani Wiradana serta undangan lainya.

Tak hanya Duta Kota Denpasar, di panggung yang sama juga turut tampil perwakilan seluruh Duta Kabupaten se-Bali. 

Ketua TP. PKK Kota Denpasar yang juga Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara memberikan apresiasi atas penampilan maksimal Duta Kota Denpasar pada Parade (Utsawa) Busana Khas Daerah serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV.

Dimana, seluruh busana adat yang ditampilkan telah menggambarkan ciri khas, pakem dan tradisi berbusana di Kota Denpasar. 

Kedepan, Sagung Antari berharap, pakem dan tradisi berbusana adat ini terus dilestarikan. Sehingga mampu menjadi contoh bagi masyarakat dalam berbusana sesuai dengan fungsinya. 

"Tadi penampilannya apik, desain busana adatnya juga bagus sekali, sesuai dengan pakem tradisi Denpasar, sangat khas dan menggambarkan Denpasar, semoga tetap ajeg dan lestari sebagai kearifan lokal berbusana di Denpasar," ujarnya

Sementara itu, Perancang Busana Duta Kota Denpasar, Dr. AA Ngr Anom Mayun mengatakan, Busana Payas Madya merupakan busana yang biasa digunakan saat upacara akil balik atau Ngeraja Singa untuk laki-laki dan Ngeraja Swala untuk perempuan, upacara Metatah atau Mepandes dan upacara perkawinan dengan tingkatan upacara tingkat Madya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah