Bupati Tabanan Saksikan Langsung Pementasan Gong Kebyar Duta Tabanan di PKB XLV 2023

- 1 Juli 2023, 20:33 WIB
Bupati Tabanan Saksikan Langsung Pementasan Gong Kebyar Duta Tabanan di PKB XLV 2023
Bupati Tabanan Saksikan Langsung Pementasan Gong Kebyar Duta Tabanan di PKB XLV 2023 /Dok Humas Tabanan

RINGTIMES BALI – Tampil spektakuler dan sukses memukau ribuan penonton  dalam Pentas Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV 2023, Sekaa Gong Kebyar Tabanan mendapat apresiasi luar biasa dari Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M.

Bupati Tabanan yang saat itu didampingi Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya, S.H.,M.M.,  berkesempatan menonton secara langsung penampilan Gong Kebyar Duta Tabanan di Panggung Terbuka Ardha Candra, Denpasar, Jumat (30/6).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Menteri PUPR beserta Nyonya, Gubernur Bali beserta Nyonya selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali, Wakil Bupati Tabanan beserta Nyonya, Anggota DPRD Kabupaten Tabanan,

Jajaran Forkopimda Kabupaten Tabanan, Para Asisten Setda Kabupaten Tabanan beserta seluruh OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan dan Para Kepala Bagian di lingkungan Setda Tabanan. 

Materi yang ditampilkan dalam pementasan Pesta Kesenian Bali XLV tahun 2023 ini yakni dalam kategori Gong Kebyar Dewasa dari Sekaa Gong Giri Kusuma, Banjar Dinas Senganan Kanginan, Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Duta Kabupaten Tabanan. Diantaranya ada Tabuh Kreasi Pepanggulan “Ombak Kapitu”, dan Tari Kreasi “Hyang Aji Segara”.

Sementara Gong Kebyar Wanita, Sekaa Gong Manik Kencana Putri, Banjar Adat Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, menampilkan Tari Kreasi “Resik Segara”, Sandyagita "Segara Kidul Tanah Lot ".

Gong Kebyar Anak-anak, Sanggar Tari dan Tabuh Natya Praja, Bersama  Dengan SMPN 1 Selemadeg, Banjar Dinas Saraswati, Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg, Duta Kabupaten Tabanan, menampilkan Tabuh Kreasi Kekebyaran “Njung Gejer” serta Dramatari Dolanan “Keranjang Duren”.

Pementasan dilakukan dalam satu panggung secara bergiliran, di mana tak hanya tabuh yang ditampilkan namun juga tari tematik yang telah digarap sedemikian rupa.

Sebagai penutup akhir, adalah kolaborasi grand final yang akan diambil dari ketiga sekaa ini dan dipentaskan menjadi sebuah garapan yang bernama “Ragana Bahari”. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x