Serentak di Bali, Jembrana Gelar Upacara Pamarisudha Bhumi di Gilimanuk

- 18 Juni 2023, 15:42 WIB
Wakil Bupati Jembrana I GDN Patriana Krisna hadiri upacara Pamarisudha Bhumi Jagat  di Taman Siwa Gilimanuk, Minggu (18/6).
Wakil Bupati Jembrana I GDN Patriana Krisna hadiri upacara Pamarisudha Bhumi Jagat di Taman Siwa Gilimanuk, Minggu (18/6). /Dok Humas Jembrana
 
RINGTIMES BALI - Umat Hindu di Bali serentak menggelar upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali yang dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota seBali.
 
Di kabupaten Jembrana sendiri pelaksanaannya berlangsung di Taman Siwa Gilimanuk, Minggu (18/6).
 
Upacara yang dipuput oleh sembilan sulinggih seJembrana itu turut dihadiri Wakil Bupati Jembrana I GDN Patriana Krisna, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, jajaran OPD, unsur PHDI.
 
Majelis Desa Adat serta masyarakat setempat usai upacara melaksanakan persembahyangan bersama.
 
Sesuai penanggalan kalender Bali, pelaksanaan ritual Pamarisudha Bhumi Jagat Bali diadakan pada Tilem Sadha, Redite Klowon Tolu.
 
 
Wakil Bupati Jembrana I GDN Patriana Krisna mengungkapkan upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali ini dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas asung kerta wara nugraha.
 
Dan mohon maaf atas kesalahan-kesalahan yang dilakukan secara tidak disengaja.
 
"Selain itu upacara ini juga bermakna untuk persembahan, penyucian, mensthanakan, dan penyelamatan serta memohon agar Jagat Jembrana dan Bali pada umumnya diberikan kesucian, kesempurnaan serta kerahayuan," ungkapnya.
 
Sementara Kepala Bagian Kesra kabupaten Jembrana I Made Tarma menjelaskan, upacara ini serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten se-Bali yang dipusatkan di Lapangan Bajra Sandi Renon, Denpasar.
 
"Di Jembrana sendiri dilaksanakan di ujung barat pulau Bali tepatnya di Taman Siwa Gilimanuk. Upacara ini dipuput oleh sembilan sulinggih yang ada di kabupaten Jembrana dengan banten upakara manca kelud," ucapnya.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x