Kemenkes Jamin Fasilitas Pemondokan dan Makanan Calon Haji Indonesia 2023

- 27 Mei 2023, 22:01 WIB
ILustrasi Jamaah Calon Haji.
ILustrasi Jamaah Calon Haji. /Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

RINGTIMES BALI- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, menjamin fasilitas pemondokan dan juga makanan jamaah calon haji Indonesia 2023 di Arab Saudi, telah memenuhi syarat dan ketentuan kesehatan.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Liliek Marhaendro Susilo menerangkan bahwa Tim Sanitasi dan Pengawasan Makanan Kemenkes, telah diutus untuk memeriksa dan memastikan ketentuan kesehatan dari fasilitas pemondokan maupun makanannya.

“Kemenkes telah mengutus Tim Sanitasi dan Pengawasan Makanan pada penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M. Seluruh hotel kami periksa dengan mengambil beberapa sampel kamar,” ucap Liliek Marhaendro Susilo, dikutip dari Antara, Sabtu 27 Mei 2023.

Tim utusan Kemenkes tersebut, bertugas untuk melakukan inspeksi kesehatan lingkungan (IKL), pada sejumlah fasilitas katering serta pemondokan anggota calon haji.

Pemeriksaan ini, lanjut Liliek Marhaendro Susilo, sebagai bentuk preventif dalam mencegah penyakit, yang disebabkan oleh faktor lingkungan.

Baca Juga: Kemenkes Tempatkan Tim Medis Darurat di Madinah dan Mekkah

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan meliputi bangunan dan fasilitas pemondokan, ventilasi udara dan pencahayaan, ketersediaan air bersih, tempat sampah dan pengolahan limbah, kebersihan toilet, dan pengendalian vektor.

Lanjut Liliek Marhaendro Susilo, pihaknya terus berupaya untuk mendekatkan jamaah calon haji pada fasilitas serta pelayanan yang bersifat kuratif, rehabilitatif, dan juga preventif.

Sementara itu, sambung Liliek Marhaendro Susilo, untuk keamanan makanan jamaah calon haji, dipastikan mutu dan kualitasnya, melalui beberapa tahapan uji.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x