Ketua MPR RI Minta Kemenkes Upayakan Pencegahan Wabah Penyakit Zoonosis

- 19 Mei 2023, 06:05 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo /

 

 

RINGTIMES BALI- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran wabah penyakit zoonosis di Indonesia.

Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemenkes RI agar segera menyusun langkah-langkah penanganan wabah berbagai penyakit zoonosis di Tanah Air.

Hal ini disampaikan Bamsoet guna menanggapi laporan dari sistem pengawasan penyakit menular Kemenkes Vietnam, yang pada awal tahun 2023 sempat melaporkan infeksi bakteri Streptococcus pada sejumlah warga di sana.

Infeksi bakteri Streptococcus ini sendiri merupakan salah satu wabah penyakit zoonosis yang menular dari babi ke manusia.

Maka dari itu, menurut Bambang, untuk menanggapi laporan tersebut, Kemenkes RI harus lebih waspada dan menaruh perhatian lebih terhadap wabah penyakit tersebut.

“Meminta Kemenkes menjadikan hal itu, untuk lebih waspada terhadap penyakit zoonosis tersebut, dikarenakan ada pasien yang dinyatakan positif Streptococcus suis,” ucap Bambang, dikutip dari Antara, Kamis 18 Mei 2023.

Baca Juga: Dua Orang di Inggris Terdeteksi Terkena Flu Burung

Selain itu, Bambang juga meminta Kemenkes untuk mengedukasi masyarakat mengenai langkah-langkah awal yang perlu dilakukan, guna memutus rantai penularan penyakit zoonosis tersebut.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x