Kementerian ESDM Wujudkan Keselamatan Migas Melalui Penyusunan Peta Jalan

- 13 Mei 2023, 20:00 WIB
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral /Sumber : website esdm/

RINGTIMES BALI- Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyusun peta jalan (roadmap), sebagai upaya mewujudkan budaya keselamatan minyak bumi dan gas (migas).

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Ditjen Migas Kementerian ESDM, Mirza Mahendra menerangkan bahwa penyusunan peta jalan ini sebagai upaya memitigasi risiko kecelakaan kerja, mengingat industri migas memiliki risiko kecelakaan yang tinggi.

“Pemerintah berkomitmen mewujudkan keselamatan migas antara lain dengan terus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, serta bekerja sama dengan badan usaha, dalam membudayakan keselamatan migas,” ucap Mirza, dikutip dari Antara, Sabtu 13 Mei 2023.

Baca Juga: HET LPG 3 Kilogram di Bali Capai 18 Ribu, Hiswana Migas: Bukan Kenaikan, Tapi Penyesuaian Harga

Mirza menjelaskan bahwa dalam implementasi program kerja Direktorat Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM bersama TIPKM, pemerintah telah menambahkan peraturan pemeriksaan keselamatan, hingga penyusunan peta jalan.

Maka dari itu, menurut Mirza, sudah menjadi budaya bagi setiap perusahaan migas di Indonesia untuk memperhatikan keselamatan migas.

Sementara itu, dilihat dari tingkat kecelakaan yang terjadi dalam kegiatan migas akhir-akhir ini, dapat diketahui bahwa budaya keselamatan belum sepenuhnya terbangun dengan baik.

Menurut Mirza, pihaknya selaku pengawas dan pembina keselamatan migas, terus berupaya membudayakan keselamatan kerja bagi mereka yang terlibat dalam kegiatan migas.

Salah satu upaya untuk meningkatkan budaya keselamatan kerja migas ini yakni dengan penyusunan roadmap sehingga dapat menjadi acuan bagi setiap perusahaan migas.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x