Pentingnya Transisi Energi untuk Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

- 4 April 2023, 18:36 WIB
Ilustrasi. Penerapan transisi energi sangat penting dan dibutuhkan dalam upaya menekan serta menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 31,89 persen,
Ilustrasi. Penerapan transisi energi sangat penting dan dibutuhkan dalam upaya menekan serta menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 31,89 persen, /BUMN.go.id

RINGTIMES BALI - Penerapan transisi energi sangat penting dan dibutuhkan dalam upaya menekan serta menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 31,89 persen, atau sesuai yang termuat dalam dokumen Enhanced NDC.

Direktur Eksekutif Yayasan Pikul Indonesia Torry Kuswardono mengatakan bahwa dalam prosesnya selain dengan memperhatikan transisi energi yang berkeadilan, langkah mitigasi lain yang tak kalah penting yakni dengan menjamin adanya integrasi ekosistem, sosial, dan lingkungan.

Torry menjelaskan bahwa transisi energi sebaiknya tidak hanya berpatokan pada target penurunan emisi semata, melainkan harus juga mempertimbangkan keseluruhan siklus dari sektor energi.

Baca Juga: Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV Sejak Dini

"Selain itu, perlu dilakukan penilaian untuk melihat seberapa besar kemampuan suatu daerah yang mengalami transisi energi dari berbagai macam faktor, serta bagaimana dampaknya," ujarnya, dikutip dari Antara, Selasa, 4 April 2023.

Menurut Torry, akan ada masalah baru yang ditimbulkan jika mitigasi energi yang dilakukan ini tidak diikuti dengan pertimbangan kemampuan adaptasi lingkungan kedepannya.

Lebih lanjut dijelaskan Torry bahwa, misalnya jika muncul kebijakan kendaraan listrik yang memerlukan asesmen mengenai dampak dari pertambangan nikel bagi masyarakat sekitar, sehingga nantinya tidak ada pihak yang dirugikan.

Baca Juga: Mangkir, Jaksa Akan Panggil Rektor Unud dalam Pemeriksaan Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana SPI

Torry menyebutkan bahwa transisi energi masih belum jelas letak keadilannya sampai dengan saat ini, hal ini yang menjadi alasan mengapa prinsip keadilan perlu dilakukan pengkajian ulang.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x