Asosiasi Tekankan Produk Tembakau Alternatif Hanya untuk Perokok Dewasa

- 10 Mei 2023, 12:57 WIB
Ilustrasi rokok elektrik atau vape
Ilustrasi rokok elektrik atau vape /pixabay.com/

RINGTIMES BALI- Ketua Umum Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) Aryo Andrianto menegaskan bahwa, penggunaan produk tembakau alternatif hanya ditujukan bagi perokok dewasa.

Produk tembakau alternatif mulai dari rokok elektrik (Vape), produk tembakau yang dipanaskan, hingga kantong nikotin adalah opsi untuk beralih dari kebiasaan merokok.

Maka dari itu, Aryo menekankan bahwa pihak asosiasi terus berkomitmen untuk mencegah anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan non-perokok untuk mendapatkan akses produk tembakau alternatif ini.

“Seluruh asosiasi berkewajiban untuk memberikan edukasi kepada publik agar penggunaan produk tembakau alternatif tepat sasaran,” ucap Aryo, dikutip dari Antara, Rabu 10 Mei 2023.

Lebih lanjut dijelaskan Aryo bahwa sasaran produk tembakau alternatif ini yaitu hanya ditujukan bagi perokok dewasa. Sehingga untuk menghindari penyalahgunaan, pihaknya secara konsisten memberikan edukasi terkait produk tembakau alternatif ini.

Sementara itu, Ketua Humas APVI Rhomedal Aquino membenarkan bahwa asosiasi secara berkelanjutan melakukan sosialisasi atau kampanye untuk melarang penjualan rokok elektrik kepada anak di bawah umur 18 tahun.

Baca Juga: Ketua AKVINDO Sebut Pentingnya Edukasi Mengenai Produk Tembakau Alternatif  

Salah satu bentuk kampanye mereka adalah dengan pemasangan poster, stiker, hingga materi sosialisasi 18+ pada semua toko yang berada dibawah naungan pihak APVI.

Selain itu, APVI juga memberi edukasi serta mengimbau karyawannya agar dengan tegas menolak pembeli yang tidak sesuai kriteria, mereka juga diminta untuk memeriksa konsumen secara teliti.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x