BPKP Turut Mengawal Bantuan Indonesia ke Vanuatu Agar Tepat Sasaran

- 9 Mei 2023, 16:02 WIB
BPKP Turut Mengawal Bantuan Indonesia ke Vanuatu Agar Tepat Sasaran
BPKP Turut Mengawal Bantuan Indonesia ke Vanuatu Agar Tepat Sasaran /

RINGTIMES BALI- Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) turut serta mengawal pemberian bantuan dari Indonesia ke Republik Vanuatu agar tepat sasaran.

Pemberian bantuan dari Pemerintah Indonesia ke Republik Vanuatu merupakan bentuk dari dukungan kemanusiaan kepada Vanuatu, yang beberapa waktu dilanda bencana alam yakni badai dan gempa.

Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Iwan Taufiq Purwanto dalam keterangannya menyebutkan bahwa tujuan pengawalan ini agar bantuan tepat sasaran dan akuntabel.

“BPKP turut serta mengawal pemberian bantuan Pemerintah Indonesia ke Vanuatu agar akuntabel dan tepat sasaran,” ujar Iwan, dikutip dari Antara, Selasa 09 Mei 2023.

Lebih lanjut Iwan menjelaskan rincian dari Pemerintah Indonesia, yang terdiri dari kebutuhan untuk para pengungsi, seperti bantuan logistik kebutuhan dasar terdiri dari 11 jenis barang sebanyak 34,7 ton dengan kisaran mencapai Rp7,2 miliar.

Baca Juga: Bea Cukai Denpasar Lepas 34 Kontainer Berisi Barang Ekspor ke Vanuatu di Pelabuhan Benoa

Bantuan tersebut diberangkatkan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 8 Mei 2023, menggunakan pesawat kargo My Indo Airline.

Dikirim pula tim kemanusiaan berjumlah 14 orang yang merupakan perwakilan dari Kemenko PMK, BNPB, BIN, dan Kementerian Luar Negeri, dengan menggunakan pesawat Garuda.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa bantuan dari Indonesia ke Republik Vanuatu merupakan bentuk dukungan kemanusiaan serta solidaritas dalam menghadapi bencana.  

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x