Pemerintah Indonesia Siapkan Strategi Transisi Guna Akhiri Status Darurat COVID-19

- 6 Mei 2023, 18:02 WIB
covid
covid /pikiran rakyat/

RINGTIMES BALI- Pemerintah tengah menyiapkan strategi transisi guna mengakhiri status darurat kesehatan akibat COVID-19 di Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril menyampaikan bahwa sebelumnya, melalui konsultasi dengan WHO, Indonesia sudah bersiap melakukan transisi dari pandemi ke endemi.

WHO juga menyampaikan bahwa persiapan Indonesia dalam menghadapi transisi pandemi ke endemi dinilai sudah baik. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus bahkan sempat mengeluarkan keputusan untuk mencabut status PHEIC COVID-19.

Dilansir dari Antara, Sabtu 06 Mei 2023, keputusan untuk mencabut status Public Heath Emergency  of International Concern (PHEIC) COVID-19 disambut baik oleh Kementerian Kesehatan Indonesia.

Syahril menjelaskan bahwa Kemenkes melalui konsultasi dengan Dirjen WHO dan Tim WHO, telah mempersiapkan transisi pandemi.

Walaupun status gawat darurat pandemi sudah dicabut, Syahril tetap menekankan agar pemerintah tetap siap siaga dan selalu waspada.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Kembali Meningkat, Epidemiolog Minta Masyarakat Waspada

WHO juga mendukung adanya strategi transisi guna menangani permasalah COVID-19 jangka panjang.

Adapun strategi jangka panjang yang dimaksud yakni surveilans kesehatan masyarakat dan fasilitas kesehatan yang selalu siap dengan obat-obatan yang memadai.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x