Simak Prediksi Pemerintah Terkait Tanggal Puncak Arus Balik Lebaran 2023

- 24 April 2023, 08:10 WIB
Ilustasi mudik lebaran. Simak Prediksi Pemerintah Terkait Tanggal Puncak Arus Balik Lebaran 2023
Ilustasi mudik lebaran. Simak Prediksi Pemerintah Terkait Tanggal Puncak Arus Balik Lebaran 2023 /Pixabay/ulianapinto

RINGTIMES BALI- Pemerintah memprediksi terkait puncak arus balik atau arus milir pada Lebaran 2023, yang diperkirakan puncaknya pada tanggal 24-25 April, kemudian dilanjutkan tanggal 29-30 April dan pada 1 Mei 2023.

Prediksi tanggal puncak arus balik tersebut, disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, setelah pelaksanaan Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Idul Fitri 2023.

Lebih lanjut dijelaskan Menhub bahwa pihaknya, merekomendasikan para pemudik agar sebisa mungkin menghindari arus balik, dengan tidak melakukan perjalanan pada hari puncak arus milir.

Baca Juga: Petugas Rutan Bangli Gagalkan Penyeludupan Sabu di Hari Lebaran

Hal ini penting diperhatikan, guna menghindari adanya potensi penumpukan kendaraan pemudik, pada tanggal-tanggal puncak tersebut.

“Kami merekomendasikan agar masyarakat tidak melakukan perjalanan pada tanggal-tanggal yang telah disebutkan,” ucap Menhub, dikutip dari Antara, Senin, 24 April 2023.

Menurut Menhub Budi, dalam rangka menggencarkan sosialisasi terkait anjuran perjalanan tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

Sosialisasi ini, bertujuan untuk memberikan arahan dan anjuran kepada masyarakat agar lebih memperhatikan waktu perjalanan, guna memecah kepadatan puncak arus balik ke hilir atau arus milir ini.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy turut menyampaikan bahwa, berdasarkan hasil analisis PT Jasa Marga, terdapat 203 ribu kendaraan yang akan melakukan perjalanan pulang.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x