Kemenparekraf Upayakan Peningkatan SDM dengan Sertifikasi 45 Ribu Pekerja

- 22 Maret 2023, 15:20 WIB
Menparekraft Sandiaga Uno.
Menparekraft Sandiaga Uno. /Dok. Kemenparekraf

RINGTIMES BALI - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan sertifikasi kompetensi pariwisata berstandar nasional hingga ASEAN bagi 45 ribu pekerja pariwisata sepanjang tahun 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa, 21 Maret 2023, mengatakan bahwa sertifikasi ini dilakukan demi menciptakan peluang kerja dan usaha bagi SDM parekraf yang kompeten dan berkelanjutan.

“Hal ini diharapkan mampu menciptakan kesempatan kerja dan peluang usaha bagi SDM parekraf yang kompeten dan berkelanjutan,” ucap Sandiaga Uno, dilansir dari Antara, Rabu, 22 Maret 2023.

Baca Juga: KKP Dorong Usaha Produk Ikan Olahan Untuk Terus Ditingkatkan

Ia menerangkan bahwa target sertifikasi pekerja sepanjang tahun 2022 lalu sebanyak 18 ribu peserta, sedangkan untuk tahun ini terjadi peningkatan target menjadi 45 ribu peserta.

Sandiaga Uno menuturkan bahwa pihaknya juga melakukan kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Surya Abadi Konsultan.

Adapun tujuan dari kerja sama ini adalah untuk melakukan sertifikasi pekerja, sehingga mampu mempercepat tindakan pemulihan dan peningkatan produktivitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Kapal Pengangkut Sampah Laut Mobula 8 Mulai Beroperasi di Pelabuhan Tanjung Benoa Bali

Dalam kerja sama itu terdapat program yang mencakup peningkatan kompetensi, penambahan kompetensi baru, dan penguatan kompetensi, sehingga terciptalah SDM pariwisata dan ekonomi kreatif yang unggul, kompeten, dan punya daya saing tinggi.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x