Kemenparekraf Kembangkan 3 Ribu Desa Wisata, Promosikan Paket Wisata Menarik Melalui Beti Dewi

- 27 September 2022, 20:40 WIB
Kemenparekraf mengembangkan 3 ribu desa wisata melalui program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi).
Kemenparekraf mengembangkan 3 ribu desa wisata melalui program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi). /Ni Made Ari Rismaya Dewi/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengembangkan 3 ribu desa wisata di Indonesia melalui program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi).

Beti Dewi merupakan misi penjualan dari Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf dengan cara menjual paket-paket wisata menarik kepada wisatawan.

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono menyebutkan bahwa Beti Dewi akan berdampak pada lama kunjungan wisatawan di desa wisata.

Baca Juga: Kemenparekraf Pamerkan 24 UMKM pada World Tourism Day 2022 di Bali

“Nanti kita packaging dan jual dalam Beti Dewi. (Misalnya) kita jual hanya Rp500 ribu setiap pax, mereka bisa menginap di homestay bersama masyarakat atau glamping, menikmati masakan kuliner desa, atraksi desa, dan uangnya akan berputar di semua desa di Indonesia,” jelasnya pada Selasa, 27 September 2022.

Pihaknya menargetkan agar masing-masing desa wisata mendapatkan 20 orang wisatawan per hari untuk menginap di homestay maupun glamping.

Apabila masing-masing wisatawan membeli paket dengan harga Rp500 ribu, diperkirakan sebanyak Rp10 juta uang yang berputar di desa tersebut dalam sehari.

Baca Juga: Kemenparekraf Visitasi Desa Sudaji yang Masuk 50 Besar ADWI 2022

“Dikalikan 3 ribu desa wisata dan dikali 365 hari, itu ada Rp10,6 triliun uang berputar di desa wisata (dalam setahun),” sambungnya.

Oleh karenanya, Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf sudah mulai memperkenalkan salah satu desa wisata di Indonesia yaitu Desa Penglipuran di Bali dalam rangkaian World Tourism Day 2022.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x