Bahan Baku Jadi Kendala Ekspor Barang dan Kerajinan ke Luar Negeri

- 12 Maret 2023, 08:22 WIB
Ilustrasi bahan baku jadi kendala ekspor barang dan kerajinan ke Luar Negeri
Ilustrasi bahan baku jadi kendala ekspor barang dan kerajinan ke Luar Negeri /PIXABAY/endriqstudio

RINGTIMES BALI- Ketua Presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur mengatakan, kurangnya ketersediaan bahan baku menjadi salah satu kendala ekspor produk-produk mebel dan kerajinan ke luar negeri.

Dalam acara pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) yang digelar di Jakarta, Kamis, 9 Maret 2023, Abdul menyebutkan bahwa karena kurangnya ketersediaan bahan baku, menyebabkan penurunan produksi suatu barang.

“Bahan baku jadi salah satu kendala sehingga produksi kurang maksimal. Tata niaga terkait bahan baku ini harus kita perbaiki,” ucap Ketua Presidium HIMKI dilansir dari Antara News Minggu, 12 Maret 2023.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Digitalisasi 40 Juta UMKM pada Tahun 2024

Selain ketersediaan bahan baku, terdapat kendala lain yang sering ditemui, mulai dari standar sertifikasi untuk melakukan ekspor ke Eropa, yang disebut Sustainable Forestry Initiative (SFI) hingga Sistem Verifikasi Legalitas  Kayu (SVLK).

Ia berharap agar pemerintah dapat menyederhanakan aturan ini, sehingga para eksportir bisa lebih mudah melakukan transaksi dagang dengan para pembeli dari luar negeri.

Terkait pembiayaan kegiatan ekspor untuk para pelaku usaha HIMKI berharap agar pihak Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dapat memberikan solusinya. 

Pada kesempatan itu juga, ia turut menyampaikan bahwa sudah ada dukungan dari pemerintah melalui LPEI.

Baca Juga: Harga Emas Antam di Pegadaian Minggu 12 Maret 2023: Naik! Simak Rincian Lengkapnya Disini

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x