Antisipasi Rabies, Distan Denpasar Siapkan 6 Ribu Dosis Vaksin di Tahun 2023

- 6 Maret 2023, 16:39 WIB
Ilustrasi. Dinas Pertanian (Distan Pangan) Kota Denpasar telah menyiapkan sebanyak 6 ribu dosis vaksis untuk mengantisipasi rabies di tahun 2023.
Ilustrasi. Dinas Pertanian (Distan Pangan) Kota Denpasar telah menyiapkan sebanyak 6 ribu dosis vaksis untuk mengantisipasi rabies di tahun 2023. /Theprint.in/

RINGTIMES BALI - Dinas Pertanian (Distan Pangan) Kota Denpasar melakukan antisipasi kasus rabies dengan pengadaan vaksinasi rabies.

Hal ini disampaikan oleh Medik Veteriner dan Sub Koordinator Kesehatan Hewan Distan Kota Denpasar, drh. Ida Ayu Made Sri Martini pada Senin, 6 Maret 2023.

"Vaksin rabies kita (bersumber) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Denpasar. Kita hanya sedia 6 ribu dosis untuk 6 ribu ekor," ujarnya.

Sementara anggaran untuk kelengkapan lainnya terkait vaksinasi rabies didukung oleh pemerintah provinsi dan APBD.

Baca Juga: Vaksinasi Rabies Perdana di Tahun 2023, Distan Denpasar Targetkan 19 Zona Prioritas

Adapun total populasi anjing yang berada di 19 desa/kelurahan yang termasuk di zona prioritas Kota Denpasar yakni 31.022 ekor.

"Hasil vaksinasinya tahun kemarin ada 27.374 ekor atau (capaian) sekitar 88 persen. (Tahun 2023) target minmal harus masuk 80 persen," kata Sri Martini.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengungkapkan adanya kendala-kendala selama pelaksanaan vaksinasi.

Salah satunya kurangnya kesadaran masyarakat yang dinilai masih 'cuek' menanggapi kasus rabies ini.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x