Putin Sebut Ekonomi Rusia Terbukti Tangguh Meski Ada Sanksi Barat

- 22 Februari 2023, 11:02 WIB
Dalam rapat internal mengatakan ekonomi Rusia telah terbukti tangguh meskipun ada sanksi Barat.
Dalam rapat internal mengatakan ekonomi Rusia telah terbukti tangguh meskipun ada sanksi Barat. /twitter/@Encuestando

RINGTIMES BALI - Ekonomi Rusia telah bertahan dari sanksi Barat dan telah "berkembang jauh lebih kuat dari yang diyakini Barat," kata Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa 21 Februari 2023. 

Sejak 2014, Rusia telah dikenakan sanksi oleh beberapa negara Barat, termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Australia, atas tindakan aneksasi Crimea dan dukungan terhadap pemberontakan di Ukraina.

Sanksi-sanksi ini meliputi pembatasan perdagangan, keuangan, dan teknologi terhadap Rusia. 

Meskipun sanksi-sanksi ini telah memberikan dampak negatif pada ekonomi Rusia, seperti melemahnya nilai tukar rubel dan menurunnya investasi asing, ekonomi Rusia telah mulai pulih dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2021, ekonomi Rusia tumbuh sebesar 4,7 persen, yang jauh lebih tinggi dari proyeksi awal pemerintah sebesar 3,8 persen. 

Baca Juga: Korea Utara Luncurkan Rudal Hwasong 17, Korsel dan Jepang Panik

"Kami telah memastikan stabilitas situasi ekonomi, melindungi masyarakat, menyelamatkan pekerjaan, mencegah kelangkaan di pasar, termasuk barang-barang penting, serta mendukung sistem keuangan dan para pengusaha," sebut Putin dalam pidato tahunannya di Majelis Federal (Federal Assembly) Rusia. 

Bank Sentral Rusia pada September 2021, di mana mereka memperkirakan penurunan PDB sebesar 4,5-5,5 persen untuk tahun 2021. 

"Data terbaru menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Rusia turun 2,1 persen pada 2022, mengalahkan penurunan ekonomi sebesar 20-25 persen yang diprediksi oleh para analis Barat pada awal tahun lalu, katanya.

Pangsa rubel dalam pembayaran internasional Rusia naik dua kali lipat bisa menunjukkan bahwa ada peningkatan kepercayaan dan penggunaan rubel sebagai mata uang transaksi internasional. 

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x