Belarus Siap Siaga Jika Tentara Ukraina Serang Perbatasan

- 21 Februari 2023, 20:06 WIB
Tentara Ukraina mendekati perbatasan Belarus, Presiden Belarus Lukashenko khawatir.
Tentara Ukraina mendekati perbatasan Belarus, Presiden Belarus Lukashenko khawatir. /Ringtimes Bali/Abdul Munim

RINGTIMES BALI - Ketegangan Ukraina - Rusia turut dirasakan Belarus. Buka  tidak mungkin, ratusan hingga ribuan tentara Ukraina berlatih tempur dekat perbatasan Belarus.

Ini menimbulkan kekhawatiran dari pihak Belarus sendiri. Sejak operasi militer khusus Rusia ke Ukraina sejak sejak 22 Februari 2022 lalu, tentara Ukraina fokus mendekat ke perbatasan Rusia. 

Sejak beberapa hari ini, ratusan hingga ribuan tentara Ukraina terlihat berlatih di dekat perbatasan Belarus. Jumlah besar ini turut diantisipasi dengan hati-hati oleh Belarus.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko, menegaskan hanya akan menurunkan tentara dalam jumlah besar untuk berperang bersama Rusia, hanya satu kondisi: Belarus diserang.

Baca Juga: Politik Gempa: Akankah Karir Politik Erdogan Tergelincir?

Kondisi di perbatasan Belarus ini menjadi pesan keras bagi departemen pertahanan dan pemerintah Belarus. Serangan tiba-tiba dengan tanpa pemberitahuan bisa terjadi sewaktu-waktu.

Di pihak Ukraina, Zelensky terus memohon bantuan persenjataan berat ke negara sekutu. Pertemuan, dialog, permintaan, arahan, program, dan semua yang dijalankan Zelensky semua tersampaikan ke banyak pihak negara sekutu.

Terbaru, kunjungan Biden ke Ukraina disambut gembira Zelensky, tidak hanya ini keinginan sejak tahun lalu operasi militer khusus dimulai, melainkan Biden menambah bantuan khusus persenjataan sebesar USD500 juta. 

Biden menegaskan, Ukraina akan semakin kuat dan besar untuk mengusir Rusia dari Ukraina pada tahun ini 2023. Sumber daya tak terbatas dari sekutu dijamin setiap saat hadir untuk Ukraina.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x