Update Gempa Turki-Suriah: Warga di Barat Laut Suriah Kecewa Dengan PBB

- 14 Februari 2023, 06:48 WIB
korban gempa mencoba untuk bertahan di dekat
korban gempa mencoba untuk bertahan di dekat /twitter/@UN_Women/

RINGTIMES BALI - Salam al-Mahmoud adalah seorang sukarelawan berusia 24 tahun dari tim Pertahanan Sipil Suriah, dikenal juga sebagai Helm Putih.

Dia telah terlibat dalam misi pencarian dan penyelamatan di barat laut Suriah yang dikuasai pemberontak sejak hari pertama gempa berkekuatan 7,8 melanda Suriah dan Turki pekan lalu, yang menewaskan lebih dari 36.000 orang. 

PBB mengatakan hingga 5,3 juta orang di Suriah mungkin kehilangan tempat tinggal setelah gempa bumi.

Baca Juga: Jerman Menawarkan Visa Sementara Bagi Korban Gempa Turki dan Suriah

Mereka yang tinggal di barat laut negara itu mengkritik kurangnya bantuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan komunitas internasional, karena kepala bantuan PBB Martin Griffiths sendiri mengakui bahwa dunia telah mengecewakan orang-orang di wilayah tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka yang selamat di sana "merasa benar ditinggalkan". 

Al-Mahmoud tinggal di Sahl al-Roj di pedesaan Idlib barat, yang terhindar dari kehancuran besar-besaran yang menimpa daerah lain. Setidaknya 550 bangunan hancur total, menurut White Helmets.

Saat gempa terjadi pada pukul 04:17, saya dan keluarga sedang tidur, seluruh bumi berguncang di bawah kami pertama kali mengira itu adalah efek rudal karena kami terbiasa dengan serangan udara dari rezim Suriah.

Baca Juga: Bantuan Suriah Terhambat Oleh Perang Saudara, Turki Memulai Tindakan Hukum

Tapi kemudian menjadi jelas bahwa ini adalah gempa dan saya terus berpikir, apakah anak-anak itu baik-baik saja? Apakah para wanita akan baik-baik saja? Benarkah bangunan runtuh dengan keluarga di dalamnya. 

Pada jam 8 pagi, saya mendengar berita tentang orang-orang yang terkubur di bawah reruntuhan rumah mereka, saya tidak pernah menyangka bencana seperti itu bisa terjadi pada kami, setelah semua yang telah kami lalui.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x