Gempa Bumi Tektonik 5,4 Guncang Jayapura, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

- 9 Februari 2023, 21:50 WIB
Potrait korban pasca gempa tektonik yang terjadi di Jayapura.
Potrait korban pasca gempa tektonik yang terjadi di Jayapura. /Instagram/@infobmkg

RINGTIMES BALI - Jayapura diguncang gempa bumi tektonik 5,4 Skala Richter, pada Kamis 9 Februari 2023 pukul 13.28 WIB waktu Jayapura.

Episenter gempa bumi terletak pada kordinat 2,50° LS; 140,70° BT di kedalaman laut 10 km, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi bumi ini merupakan jenis dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. 

Dilansir dari Instagram @infobmkg, Kamis, 9 Februari 2023, dampak gempa bumi ini dilaporkan menimbulkan kerusakan pada beberapa bangunan di Jayapura, hasil pengamatan gempa bumi ini 'Tidak Berpotensi Tsunami'. 

BMKG dan BPBD Jayapura mengimbau untuk tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dihimbau kepada warga agar tetap tenang dan waspada mengikuti himbauan yang diberikan. 

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Media Tahu dalam Rayakan HPN 2023, Jokowi: Pers Tidak Baik-baik Saja

Masyarakat dianjurkan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa, BNPB melaporkan empat warga meninggal dunia akibat terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,4. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis, menjelaskan keempat korban ditemukan dari puing bangunan kafetaria yang roboh oleh guncangan gempa bumi. 

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. (Para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud ," ujar Asep. 

“Gempa bumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa bumi sedang berjalan,” tambahnya. 

Baca Juga: Berita Penangkapan Penculik Anak di Gianyar Hoax, Penyebar Video Beri Klarifikasi

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x