4 Hal yang Perlu Media Tahu dalam Rayakan HPN 2023, Jokowi: Pers Tidak Baik-baik Saja

- 9 Februari 2023, 18:37 WIB
Presiden Jokowi sambut Hari Pers Nasional 2023 di Medan.
Presiden Jokowi sambut Hari Pers Nasional 2023 di Medan. /Tangkapan Layar/ youtube Kesekretariatan Presiden

RINGTIMES BALI - Hari Pers Nasional (HPN) pada Kamis 9 Februari 2023 yang belokasi di Gedung Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Kota Medan, yang hadir beberapa tokoh pers dan politik Indonesia.

Presiden Jokowi mengatakan 60 persen belanja iklan telah jatuh ke media dan platform asing dan ini sangat menyedihkan karena keuntungan jelas akan mengalir ke sana dan ia mengulang kalimat ini sebanyak dua kali dalam pidatonya.

Jokowi berterima kasih kepada awak media yang sudah berkontribusi menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan dan melahirkan inovasi-inovasi pembangunan serta penopang pertama demokratisasi.

Ia memberikan beberapa wejangan dan amanah terkait kehadiran media massa yang telah berkontribusi dan menemani dirinya sebagai pengalaman pribadi hingga menjadi tokoh utama pemerintah negara.

Baca Juga: Berita Penangkapan Penculik Anak di Gianyar Hoax, Penyebar Video Beri Klarifikasi

Hal-hal yang perlu media digital perhatikan sesuai dengan dialog Jokowi yang membuat kondisi pers di Indonesia tidak sedang baik-baik saja adalah sebagai berikut:

Isu Utama yang Mengalami Pergeseran

“Peringatan Hari Pers Nasional saya ingin mengatakan bahwa dunia pers tidak sedang baik-baik saja, dulu isu utama adalah kebebasan pers selalu itu yang disuarakan tapi sekarang apakah isu utamanya tetap sama?” ucap Jokowi dilansir dari kanal YouTube Kesekretariatan Presiden.

Pergeseran isu ini terjadi karena semua informasi menurutnya bisa tampil dan tercantum bebas di seluruh ranah digital yang dapat masyarakat akses dengan bebas, setiap orang juga dapat membuat berita.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x