Kemendikbudristek RI Ajak Maestro Seni Budaya Bali Latih Tari Legong dan Joged

- 3 September 2022, 12:24 WIB
Kemendikbudristek RI mengajak maestro seni budaya Bali untuk melatih Tari Legong dan Tari Joged dalam kegiatan BBM.
Kemendikbudristek RI mengajak maestro seni budaya Bali untuk melatih Tari Legong dan Tari Joged dalam kegiatan BBM. /ANTARA/HO-Kemendikbudristek

RINGTIMES BALI - Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI mengajak maestro seni budaya Bali untuk melatih Tari Legong dan Tari Joged.

Menurut Judi Wahjudin, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek, kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) merupakan program pelatihan bagi penggiat seni budaya muda.

Program tersebut sebagai sarana untuk belajar dan bertukar pengetahuan dengan tokoh seni budaya.

Baca Juga: DPRD Bali Serahkan Penghargaan Kepada Prof Wenten, Sosok yang Kenalkan Seni Budaya Bali di Amerika

"Program ini diharapkan menjadi simpul utama dalam penyebaran, pertukaran nilai dan pengetahuan serta ajang pembelajaran bagi sumber daya manusia kebudayaan, sehingga kelak mereka akan menjadi pelopor dalam upaya pemajuan kebudayaan," katanya, dikutip dari Antara Bali, Sabtu, 3 Agustus 2022.

Maestro yang diajak dalam rangka melatih para penggiat seni budaya di Bali untuk belajar Tari Legong dan Tari Joged adalah Prof Dr I Wayan Dibia, yang memiliki pengalaman, wawasan, keterampilan, dan pengetahuan luas.

Prof Dibia menyampaikan bahwa penting untuk dilaksanakan pembaruan terhadap kedua Tari Bali tersebut, sehingga nantinya akan dapat diteruskan pada generasi berikutnya.

Baca Juga: Nadiem Makarim Aresiasi ISI Denpasar Berhasil Semarakan Seni Lewat Bali Padma Bhuwana

“Upaya revitalisasi terhadap kedua tarian ini sangat perlu dilakukan, dengan melibatkan para guru tari Bali, agar mereka lebih memahami isi dan posisi kedua tarian ini,” katanya.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x